Scroll to Top

Gunung Sinabung Erupsi, Petani Simalungun Untung Besar

By C Novita / Published on Saturday, 30 Nov 2013

gunung sinabung

Gunung Sinabung yang erupsi sejak 2 pekan lalu rupanya membawa rejeki sendiri bagi petani yang berasal dari Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Mereka mendapat limpahan permintaan sayur dan buah dari pedagang dari Medan, Binjai, Langkat, dan daerah sekitarnya.

Biasanya pedagang sayur dan buah di kota-kota tersebut mengambil pasokan sayur dan buah dari petani di dataran tinggi Karo, Kabanjahe, dan Berastagi, lokasi dimana Gunung Sinabung berasal. Namun karena tanah pertanian di sekitar lokasi erupsi rusak disebabkan debu vulkanik dari letusan gunung berapi tersebut, maka otomatis pasokan sayur dan buah berkurang drastis.

Kenaikan permintaan sayur dan buah dari pedagang tentu mendorong terjadinya kenaikan harga komoditi hortikultura di daerah Simalungun dan sekitarnya. Besarannya bahkan hingga mencapai 100 persen.

“Kedatangan para pedagang dari berbagai daerah itu memberi keuntungan bagi kami dengan kenaikan harga sayuran dan buah,” ujar Ramses Sitepu, seorang petani Kecamatan Saribudolok, seperti dilansir oleh laman Antaranews.

Rusaknya ratusan hektar kebun jeruk di sekitar Gunung Sinabung juga membawa berkah bagi petani jeruk di Kecamatan Pamatang Raya. Harga jeruk meningkat hingga 100 persen atau mencapai Rp 2000 per kilogram.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi petani di Karo, yang merugi besar karena rusaknya hasil kebun mereka. Sebagian hasil tanah pertanian memang masih dapat diselamatkan, namun kondisinya tak sebaik sebelum Gunung Sinabung erupsi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda