Scroll to Top

Ini Efek Negatif Minum Kopi Bagi Pria

By C Novita / Published on Saturday, 30 Nov 2013

efek negatif kopi

Alasan kaum pria memiliki kebiasaan minum kopi adalah untuk tetap fokus saat bekerja dan mengurangi rasa lelah. Memang ada beberapa manfaat positif dari konsumsi kopi, namun tak bisa dipungkiri ternyata kopi juga menimbulkan efek negatif bila telah jadi kebiasaan jangka panjang. Efek negatif tersebut antara lain detak jantung tidak teratur, gelisah, kecemasan, dan otot mengejang.

Cara kerja kafein dalam tubuh adalah menghalangi adenosine (bahan kimia yang menyebabkan Anda ngantuk) untuk bekerja. Kafein akan meningkatkan konsentrasi dan kecepatan reaksi tubuh. Konsumsi kopi secara rutin akan membuat pria berubah gaya hidup dan suasana hatinya, termasuk juga waktu tidurnya yang berkurang.

Bila telah kecanduan dan mengonsumsi lebih dari 300 mg kopi per hari, maka efek samping jangka panjang dari kopi tak diragukan lagi bisa dialami. Sel otak akan melemah dan hanya akan bekerja jika stimulasi kafein diberikan. Bila tidak, maka saraf akan lesu dan tak bisa bekerja normal.

Apa lagi efek samping negatif dari minum kopi bagi pria? Berikut di antaranya seperti dilansir oleh laman Boldsky:

  • Masalah pencernaan. Banyak senyawa dalam kopi selain kafein yang bisa mengiritasi lapisan usus dan pencernaan. Apalagi bila sebelum minum kopi Anda tak minum air putih dahulu atau makanan lain. Ini bisa memperburuk tingkat keasaman lambung, dan menyebabkan kejang perut, kram, sembelit, serta diare, juga maag.
  • Kurang kalsium. Mineral dalam kopi mempengaruhi penyerapan zat besi, juga mengurangi kemampuan ginjal untuk mempertahankan kalsium, zinc, magnesium, dan mineral penting lain. Akibatnya tubuh bisa menderita kekurangan zat tersebut. Kurangnya magnesium juga bisa menyebabkan ketidak keteraturan usus untuk bekerja.
  • Stres. Minum kopi menyebabkan tubuh banyak melepaskan hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin yang merupakan hormon stres. Hormon ini akan bekerja untuk meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan tingkat ketegangan.
  • Tulang rapuh. Minum kopi secara berlebih akan meningkatkan hilangnya kepadatan mineral tulang. Saat minum kopi, seseorang akan lebih sering buang air kecil, sehingga mengikis kalsium dan membuangnya melalui urin. Efek jangka panjang akan mengalami osteoporosis.

Demikian efek negatif dari minum kopi bagi pria, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda