Scroll to Top

Suzuki Karimun Wagon R Punya Keunggulan Ini

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 30 Nov 2013

Suzuki-Karimun-Wagon-R

Suzuki Karimun Wagon R mendapat respons luar biasa dari konsumen otomotif di Indenesia. Kabar terahir, mobil LCGC ini telah menembus pemesanan hingga 4.000 unit dengan jumlah pemesanan terbesar ada di Surabaya. Saat ini sudah ada 800 pemesanan dari Kota Pahlawan itu. Padahal target penjualan Karimun Wagon R secara nasional hanya 1.500 unit per bulan.

Barangkali salah satu efek pemicunya adalah harga. Dibanding dengan Toyota Agya maupun Honda Brio Satya, Suzuki yang berani mematok banderol benar-benar di bawah Rp 100 juta untuk semua tipenya baik yang paling rendah maupun tipe tertinggi. Dan, Karimun Wagon R setidaknya punya tujuh keunggulan yang bisa dibanggakan. Dikutip dari Autonetmagz, berikut keunggulan kendaraan ini:

  1. Kabin mobil terasa nyaman. Sekalipun dari sisi luar tampak kecil, namun Suzuki berhasil mengatur kabinnya menjadi lega. City car ini punya tampilan memanjang ke atas sehingga penumpang duduk memanfaatkan keuntungan sisi vertikal.
  2. Bodinya terbuat dari bahan plat yang tebal. Struktur ini membuat Karimun Wagon R tidak ringkih kalau terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Aspek keselamatan lebih diperhatikan. Maklum saja jika beratnya mencapai 835 kilogram. Artinya, 35 kilogram lebih berat dibanding Ayla dan Agya yang punya bobot 800 kilogram/
  3. Mesinnya memakai bahan alumunium untuk menekan bobot mobil. Mesin yang dipakai K10B, 3 silinder. Tenaganya 80 PS dengan torsi maksimal 90 Nm. Emisinya hanya 109 gram per kilometer. Bahan bakar yang disarankan adalah jenis Pertamax.
  4. Bisa menyimpan barang di bawah kursi. Tempatnya ada di balik kursi pengemudi depan. Ini membuat barang yang dibawa dapat rapi ditata.
  5. Memiliki fitur penghemat bahan bakar. Namanya adalah Gear Shift Indicator. Fungsinya memberitahu pengemudi menentukan waktu yang pas dalam memindah gigi agar dicapai efisiensi bahan bakar.
  6. Immobilizer. Ini adalah fitur pengamanan kendaraan. Dengan memakai kunci ini maka kunci tidak bisa digandakan. Di dalamnya terdapat chip yang hanya didesain khusus untuk unit mobil tersebut.
  7. Kualitas audionya melebih dari mobil LCGC lain, terutama untuk tipe GX. Pasalnya, Karimun Wagon R punya head unit double din yang disertai colokan USB dan AUX. Ini lebih dari cukup untuk mobil kelas menengah bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda