Scroll to Top

7 Efek Baik Kuning Telur Bagi Tubuh Manusia

By C Novita / Published on Saturday, 30 Nov 2013

kuning telur

Telur memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mata, otak, juga tubuh manusia secara keseluruhan. Namun beberapa orang ternyata memiliki kebiasaan menyingkirkan kuning telur dari piring mereka karena miskomunikasi mengenai lemaknya. Padahal kandungan gizi yang terdapat dalam kuning telur juga banyak, tak kalah dengan putih telur.

Nah, apa saja efek baik dari kuning telur bagi tubuh manusia sehingga tak layak untuk disingkirkan dari piring Anda? Berikut di antaranya seperti dilansir oleh Magforwomen:

  1. Ternyata dalam kuning telur terdapat suatu zat bernama chlorine atau klorin yang bermanfaat untuk pembentukan sel dan kesehatan otak manusia.
  2. Kuning telur juga disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil serta menyusui, sebab manfaat bagi perkembangan otak janin sangat baik. Ini mencegah timbulnya kelainan di otak janin.
  3. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam 1 butir kuning telur ada sekitar 180 – 190 mg kolesterol. Sedangkan tubuh manusia membutuhkan sekitar 300 mg kolesterol per hari. Jadi alasan bahwa orang menghindari kuning telur karena kandungan kolesterolnya tidak tepat.
  4. Anak-anak sangat disarankan mengonsumsi telur, sebab telur dapat membuat perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak jadi lebih maksimal.
  5. Kuning telur punya nutrisi semisal kalsium, zat besi, zinc, fosfor, dan lainnya. Semua nutrisi dari mineral itu dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam aktifitasnya setiap hari.
  6. Ternyata tidak hanya ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3. Kuning telur juga punya, lho. Dan ini baik dikonsumsi bila di tempat Anda sulit mendapat pasokan ikan segar.
  7. Ketimbang makanan olahan kaleng atau junk food yang biasanya dipilih sebagai lauk teman makan, dokter lebih menyarankan makan kuning telur. Kuning telur lebih sehat dibanding jenis makanan tersebut, lho.

Yang perlu diperhatikan adalah jumlah konsumsi kuning telur per hari tak boleh lebih dari 3 butir, sehingga kesehatan Anda tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda