Scroll to Top

Bima Sakti Masih Kompetitif di Usia 38 Tahun, Ini Resepnya!

By Raditya / Published on Saturday, 30 Nov 2013

bima sakti

Tanggal 23 Januari 2014 nanti, usia Bima Sakti akan genap 38 tahun, tentunya bukan umur yang muda lagi bagi seorang pesepakbola. Namun, legenda hidup Timnas Indonesia ini tetap mampu bermain di level tertinggi hingga kini. Lantas, apa resep Bima Sakti agar tetap kompetitif meskipun umur semakin bertambah tua?

“Memang tak mudah menjaga stamina tubuh, tapi dengan hidup disiplin dengan usia saya saat ini, saya rasa saya masih mampu,” ujar Bima Sakti belum lama ini.

“Saya hanya minum susu, tidak makan malam, sarapan pun saya ganti dengan buah. Saya tidak makan gorengan, maaf untuk penjual gorengan,” kelakar mantan kapten Timnas Indonesia ini.

Ya, menjaga pola makan adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Bima Sakti demi karirnya di sepakbola. Selain itu, ia juga menerapkan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup, tidur tepat waktu, dan bangun pagi.

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Bima Sakti memang masih eksis di belantika sepakbola nasional. Bukan cuma di klub atau kompetisi medioker, melainkan tetap bertahan di level tertinggi sepakbola Indonesia.

“Saya ingin menepis stigma pemain bola Indonesia biasanya bertahan hingga usia 35. Saya tak ingin meredupkan energi yang saya miliki,” tandas Bima Sakti.

Musim lalu, Bima Sakti memperkuat Persepar Palangkaraya di Indonesia Premier League (IPL) yang sempat diakui sebagai kompetisi tertinggi di tanah air selain ISL. Sebelumnya, masih di IPL, gelandang yang terkenal dengan tendangan kerasnya ini bermain untuk Persema Malang.

Di musim depan, Bima Sakti akan membela Mitra Kukar yang merupakan salah satu tim papan atas ISL. Di ISL musim lalu, tim berjuluk Naga Mekes ini sukses menempati peringkat 3 besar di bawah Persipura Jayapura dan Arema Indonesia. Jelang ISL 2014, Bima Sakti yang tergabung di tim Indonesia XI akan melakoni tur ke Spanyol dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda