Scroll to Top

Mengetes Kebahagiaan Pasangan dengan Memandang Foto

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 30 Nov 2013

couple-love-marriage

Ilmuwan di Amerika Serikat menemukan sebuah cara untuk mengetahui perkiraan keberhasilan pasangan dalam membina hubungan asmaranya. Cara pengetesannya dilakukan dengan memperlihatkan foto pasangan lalu dinilai respons yang muncul atas foto tersebut. Penilaian didasaran seberapa jauh emosi postif dan negatif yang terlihat.

Studi ini melibatkan 135 pasangan baru yang belum lama melangsungkan pernikahan. Mereka diminta untuk melakukan review terhadap pernikahan mereka melalui berbagai kata-kata positif maupun negatif. Misalnya baik, buruk, memuasan, atau tidak memuaskan. Peneliti akan melihat sejauhmana naluri alamiah mereka akan berkata tentang pasangannya.

Profesor James McNulty dari Florida State University, yang juga penulis utama studi, mengatakan bahwa tes ini langsung mengukur kadar cinta seseorang kepada pasangan dan bukan berdasarkan apa yang dikatakan pasangan kepada orang lain. Artinya, saat Anda mengatakan bahwa Anda sangat mencintai seseorang, itu belum bisa dibuktikan sampai terlihat ada emosi positif yang tampak di wajah.

“Tanggapan ini tampaknya cukup kuat dalam memprediksi apakah orang-orang ini kemudian akan tetap bahagia,” kata McNulty seperti dikutip dari BBC.

McNulty memaparkan, seseorang pasti akan memberikan respons yang berasal dari alam bawah sadarnya ketika melihat foto pasangannya. Jika dia secara naluri terlihat tidak bahagia atau tidak suka melihat foto itu, maka kehidupan rumah tangga pasangan tersebut ada kemungkinan kurang bahagia selama beberapa tahun ke depan.

Namun, jika seseorang menunjukkan emosi bahagia maka kemungkinan hubungan asmara akan dijalani dengan suasana yang menggembirakan. Respons ini jauh lebih jujur dibanding hanya mendengarkan ungkapan cinta lewat kata-kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda