Scroll to Top

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Warga Ke Posko Pengungsian

By C Novita / Published on Sunday, 01 Dec 2013

gunung sinabung

Gunung Sinabung kembali erupsi setelah tenang selama beberapa hari. Gunung yang terletak di dataran tinggi Kabupaten Karo, Sumatra Utara itu memuntahkan lagi isi perutnya pada Sabtu 30/11/13 sekitar pukul 14.00 WIB. Letusan disertai dengan gempa vulkanik sebanyak 8-13 kali, dan tremor yang dirasakan di daerah sekitar gunung.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pada erupsi kali ini Sinabung mengeluarkan material berupa asap hitam tebal dari mulut kawahnya dengan ketinggian sekitar 400 meter.

Selain itu, yang tercatat di alat perekam adalah lama letusan yang terjadi sekitar 287 detik. Tremor atau getaran pun berulang kali terjadi, bahkan hingga waktu yang lama.

Akibatnya penduduk yang bermukim di jarak radius 5 km dari Sinabung pun kembali ke posko-posko pengungsian yang sudah disediakan oleh BNPB. Tercatat ada 30 posko yang dipenuhi pengungsi, serta sebagian lainnya menginap sementara di rumah kerabat mereka yang jauh dari lokasi bencana.

Dilansir oleh laman Antara, jumlah warga sekitar yang mengungsi mencapai 17.281 orang. Itu berasal dari 22 desa sekitar Gunung Sinabung. Kebanyakan pengungsi adalah lansia, wanita serta anak-anak dan remaja.

“Warga yang mengungsi untuk menghindari dampak peningkatan aktivitas gunung api itu kini sebanyak 17.281 orang,” ujar Sutopo.

Sementara beberapa orang kaum lelaki masih bertahan di desa masing-masing untuk menjaga keamanan harta dan rumah mereka dibantu aparat kepolisian yang bertugas mengamankan keadaan di sekitar lokasi bencana Gunung Sinabung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda