Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Barcelona 1-0: Kekalahan Perdana di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 02 Dec 2013

Barcelona vs Athletic Bilbao 3

Hasil pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona berujung dengan skor 1-0. Adalah Iker Muniain yang menjadi pencetak tunggal skor Barca vs Bilbao. Hasil Liga Spanyol ini, yang merupakan kekalahan perdana klub Catalan di La Liga, membuat jarak Barcelona dari Atletico Madrid terpotong. Kini, kedua tim sama-sama mengumpulkan 40 angka; meski Neymar cs. masih memimpin klasemen sementara.

Pelatih Tata Martino memilih Cesc Fabregas sebagai pengisi posisi Lionel Messi di duel Barcelona vs Athletic Bilbao. Neymar dan Alexis Sanchez menemaninya di sisi kiri dan kanan. Tuan rumah dalam duel Bilbao vs Barca, mengandalkan seorang Gaizka Toquero sebagai juru gedor, dengan dukungan Iker Muniain dan Markel Susaeta di kedua sayap.

Barcelona vs Athletic Bilbao 3

Athletic yang lebih impresif dibandingkan tim tamu pada menit-menit awal. Namun, Barcelona kemudian menggebrak. Neymar dan Andres Iniesta melepaskan tembakan yang tak tepat sasaran, tapi sukses membuat Gorka Iraizoz tak tenang.

Konsep umpan-umpan daerah yang khas Tata Martino juga dikembangkan dengan baik oleh klub Catalan. Namun, Neymar yang kurang garang di paruh pertama turut ‘membantu’ bek tuan rumah terlihat kokoh.

Kesempatan datang bagi Athletic di menit 32. Umpan Markel Susaeta sebenarnya sempurna. Namun Iker Muniain tak bisa membuat bola menghindari Jose Manuel Pinto. Selang enam menit, umpan silang Susaeta kembali berbahaya. Tapi, tandukan Gaizka Toquero melenceng jauh dari sasaran.

Barcelona vs Athletic Bilbao 1

Babak kedua, keadaan tak berubah. Licinnya permukaan San Mames Barria membuat Neymar jauh dari performa terbaik. Ia bahkan menerima kartu kuning di menit 54. Gebrakannya selang tiga menit, tak berujung apa pun. Hadiah tendangan bebas di menit 58 hanya melebar di sisi kanan gawang Iraizoz.

Gol akhirnya datang, tapi dari kubu Athletic Bilbao. Menit 70, pria yang selama ini begitu mengancam Barca, Markel Susaeta, mengirim umpan silang datar yang gagal diambil Gaizka Toquero. Tak masalah. Karena, Iker Muniain ada di sana untuk menaklukkan Jose Manuel Pinto. 1-0!

Masih ada kesempatan dari Toquero di menit 72. Tapi tandukannya diamankan oleh Pinto. Barcelona kemudian menurunkan anak muda Sergi Roberto untuk menggantikan Xavi Hernandez. Pedro Rodriguez juga dihadirkan. Tapi, semuanya terlambat.

Barca untuk kedua kalinya tumbang setelah takluk dari Ajax. Dan, Liga Spanyol, mulai tak lagi terlalu membosankan.

Neymar 1

BARCELONA (4-3-3): Pinto; Montoya, Pique, Mascherano, Adriano; Busquets, Xavi (Sergi Roberto ’77), Iniesta (Pedro ’86); Alexis, Cesc, Neymar.

ATHLETIC BILBAO (4-3-2-1): Iraizaoz; Iraola, Gurpegi, Laporte, Balenziaga (Albizua’82); Iturraspe, Rico, Herrera, Susaeta Muniain (Ibai ’86); Toquero (San Jose ’87)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda