Scroll to Top

Video Athletic Bilbao vs Barcelona 1-0: Mandul Tanpa Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 02 Dec 2013

Neymar 2

Barcelona dipaksa merasakan kekalahan perdana di Liga Spanyol musim ini oleh Athletic Bilbao. Gol tunggal Iker Muniain di menit 70 membuat sang pemuncak klasemen sementara La Liga terluka; mandul tanpa seorang Lionel Messi.

Kerinduan barisan depan klub Catalan terhadap Sang Messiah tampaknya benar-benar menjadi nyata. Di San Mames Barria, kandang Athletic, trio Neymar-Alexis Sanchez-Cesc Fabregas gagal tampil maksimal dan membuat strategi Tata Martino tak berjalan dengan baik.

Peluang susah sekali didapatkan. Dan sekalinya diperoleh, Barca tak bisa memaksimalkannya. Seperti yang terjadi di menit 69. Umpan Cesc Fabregas sebenarnya sudah membelah bek-bek Athletic. Tapi, Neymar seperti hendak menembak pesawat terbang dengan tendangannya yang melayang jauh.

http://www.youtube.com/watch?v=CbGbTTSskc4

Neymar yang tampil di bawah standard, sebelumnya juga bermasalah dengan sepatu, kalau bukan lapangan yang terlalu licin. Di menit 31, ia yang menggiring bola di sisi kiri pertahanan Athletic, terpeleset, nyaris jatuh. Lalu, pada sentuhan berikutnya, sang fenomena asal Brazil benar-benar ambruk. Bukan hal yang menyenangkan.

http://www.youtube.com/watch?v=IWnatab8eCU

Upaya melepaskan ‘kutukan’ bukannya tidak ada. Menit 33, Neymar sempat mengganti sepatu. Nyatanya, penampilannya tak berubah hingga akhir. Jika sebelumnya pemain asal Santos ini demikian mengilap, khusus di San Mames Barria, sihir Neymar seolah sudah dimusnahkan oleh Singa-Singa Athletic.

http://www.youtube.com/watch?v=-q-Ks8QGJls

Puncak dari kekesalan Barcelona, tentu gol tunggal Iker Muniain di menit 70. Terima kasih kepada Markel Susaeta yang sepanjang pertandingan merepotkan klub Catalan dengan umpan-umpan silangnya. Kali ini, bola kiriman Susaeta disentuh oleh sang sayap masa depan Spanyol untuk menorehkan luka perih bagi Barca.

Kemenangan 1-0 tidak hanya membuat Athletic menghapus deretan hasil seri setiap bersua dengan Barca di kandang. Tetapi juga mencuatkan mereka ke peringkat empat klasemen sementara: alias, masuk ke zona Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda