Cara Downgrade BBM ke Versi 7, Jika BBM 8 Lambat

BBM Android Lagi

BlackBerry secara resmi telah meluncurkan aplikasi BlackBerry Messenger atau BBM versi 8 untuk perangkat dengan sistem operasi BB OS 5 atau yang lebih baru. Namun, beberapa pengguna mengeluh BBM 8 lambat dan ingin kembali ke BBM versi 7. Berikut ini adalah cara downgrade BBM versi 7 jika tidak puas dengan BBM versi 8.

Aplikasi BBM versi 8 telah dirilis dan membawa sejumlah fitur baru dan perbaikan kinerja, salah satunya adalah hadirnya fitur BBM Channel. Namun, tak semua pengguna smartphone BlackBerry senang dengan kehadiran BBM versi 8 karena aplikasi tersebut diketahui bekerja lambat di beberapa tipe BlackBerry.

Lambatnya aplikasi BBM versi 8 ini cukup wajar mengingat ukuran aplikasi ini mencapai 6 MB dan itu termasuk besar untuk ukuran aplikasi BlackBerry OS 7 ke bawah. Kembali ke aplikasi BBM versi 7 adalah solusi tepat untuk mengatasi lambatnya kinerja BBM versi 8. Meski demikian, beberapa pengguna mengatakan bahwa smartphone BlackBerry-nya mampu menjalankan BBM versi 8 tanpa masalah.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk downgrade atau kembali ke BBM versi 7:

  1. Lakukan backup kontak BBM agar tidak ikut hilang ketika aplikasi BBM versi 8 di-uninstal.
  2. Hapus aplikasi BBM versi 8 dengan cara mengklik Options pada smartphone BBM versi 8, kemudian pilih Devices > Applications Management.
  3. Akan tampil daftar aplikasi yang telah terinstal di smartphone BlackBerry dan cari aplikasi BBM versi 8 atau BlackBerry Messenger. Setelah ketemu BlackBerry Messenger, pada bagian application properties, klik Delete.
  4. Setelah proses delete aplikasi selesai, restart smartphone BlackBerry.
  5. Setelah proses restart, masuk ke BlackBerry World dan login dengan akun BlackBerry Anda, dan cari aplikasi BBM versi 7. Setelah aplikasi BBM versi 7 ditemukan, lakukan instalasi.
  6. Setelah proses instalasi selesai, lakukan restart smartphone BlackBerry dan restore kontak BBM yang telah di backup sebelumnya.

Cukup Mudah bukan? Langkah-langkah di atas akan memandu Anda untuk kembali menggunakan aplikasi BBM versi 7, seperti yang dilansir dari Liputan 6 (01/12/2013).

Komentar Anda

Leave A Response