Scroll to Top

V for Vendetta, Film Inspirasi Lahirnya Hacker Anonymous

By Ibnu Azis / Published on Monday, 02 Dec 2013

V for Vendetta

V for Vendetta, film yang dirilis tahun 2005 ini disebut-sebut sebagai inspirasi lahirnya gerakan hacker Anonymous. Mengapa diyakini demikian dan apa alasannya?

Guy Fawkes

Ia adalah pelaku pemboman Gedung Parlemen Inggris yang ingin membunuh Raja James I. Sayangnya aksinya gagal dan ia beserta anggotanya ditangkap pada 5 November 1605. Anehnya, 30 anggotanya lolos. Tak ada informasi jelas kenapa hanya Guy Fawkes satu-satunya yang tertangkap.

Peristiwa tanggal 5 November itu kemudian dikenal sebagai ‘Peristiwa Bubuk Mesiu’ atau ‘Gun Powder Plot’. Warga Inggris menggelar perayaan kembang api tiap tahun pada tanggal tersebut. Guy Fawkes sendiri face-nya dijadikan topeng identitas Anonymous.

Anonymous

Lantas apa hubungannya Guy Fawkes dengan Anonymous? Nama kelompok peretas Anonymous mulai kondang sekitar tahun 2010 tatkala mereka berhasil meretas jaringan Playstation. Anonymous adalah kumpulan atau komunitas hacker serta cracker ahli yang sering nongkrong di situs 4CHAN.

Situs ini adalah forum diskusi, tanya jawab, dan berbagi. Sedangkan para anggota yang tidak mendaftar mendapat indentitas’ Anonymous’. Nah situs ini melawan sistem batasan-batasan yang dilakukan pemerintah terhadap teknologi serta internet.

Mereka kemudian lakukan perlawanan terhadap kebijakan yang mengekang kebebasan dunia maya dan menyerang situs-situs yang mengekang perjuangan mereka. Anonymous tidak asal hack. Mereka telah memikirkan masak-masak target dan sasaran.

V for Vendetta

Lantas, apa hubungan antara Guy Fawkes, Anonymous, dan V for Vendetta? Diyakini jika Anonymous terinspirasi dari film V for Vendetta. Film tersebut mengisahkan tokoh ‘V’ yang kenakan topeng Guy Fawkes yang lakukan perlawanan terhadap pemerintah Inggris.

Secara kebetulan, Guy Fawkes sendiri adalah tokoh yang lakukan perlawan pula terhadap pemerintahan Inggris pada 400 tahun yang lalu. Alhasil tokoh ‘V’ disamakan dengan Guy Fawkes yang miliki tujuan sama dan senada dengan apa yang diperjuangankan Anonymous.

Mereka bertiga sama-sama menentang sistem pemerintah yang kekang kebebasan. Dari inilah mengapa kemudian Anonymous memakai topeng Guy Fawkes yang kemudian dikenal sebagai ciri khas mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda