Scroll to Top

Mulyana W Kusumah Meninggal Dunia, Inilah Kesan Tokoh-Tokoh Indonesia

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 02 Dec 2013

mulyana_w_kusumah

Mantan anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan pegiat demokrasi, Mulyana W Kusumah, meninggal dunia pada Minggu, 1 Desember 2013. Ucapan berbela sungkawa mengalir dari tokoh-tokoh nasional kepada pria yang dikenal sebagai pejuang reformasi ini.

Kriminolog dari Universitas Indonesia tersebut meninggalkan banyak kenangan bagi orang-orang di sekeliling. Semisal, tuturan Direktur Eksekutif Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi), Titi Anggraini.

Kepada Antara, ia menuturkan, “Beiau memang jarang bicara, tetapi sangat kritis dalam melihat sesuatu apalagi kalau menyangkut kecurangan atau penyimpangan demokrasi.”

Sementara itu, sang anak, Guevara Santayana, menegaskan bahwa Mulyana W Kusumah mengajarkan pentingnya tak menyesali pilihan yang sudah ditetapkan. Selain itu, almarhum juga menekankan utamanya totalitas dalam berorganisasi.

Mahfudz Siddiq, politikus PKS, melalui akun twitternya menyebut, jejak almarhum dalam perjuangan demokrasi demikian berharga.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua KPU, Husni Kamil Malik yang menuturkan, “Almarhum merupakan pegiat demokrasi yang mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan kehidupan berdemokrasi di Indonesia.”

Sepanjang hidupnya, Mulyana dikenal sebagai aktivis HAM yang pantang menyerah menyuarakan keadilan pada masa Orde Baru. Lahir di Bogor, pada 23 November 1948, Mulyana sebelumnya juga menjadi tokoh Kompisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) dan lama terlibat di Lembaga Bantuan Hukum Jakarta.

Perannya dalam Pemilu terasa benar. Mulyana W Kusumah adalah salah satu anggota Panwaslu Pusat, saat pertama kalinya KPU terbentuk setelah era reformasi. Ia juga merupakan 11 anggota KPU periode 2001-2007.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda