Scroll to Top

Lebih Baik Minum Air Putih untuk Cegah Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Monday, 03 Oct 2011

air putih

Diabetes tipe 2 adalah penyakit gula darah yang paling banyak dialami penderitanya. Diabetes ini muncul bukan karena bawaan, tapi lebih ke buruknya gaya hidup  seseorang. Penyakit yang kini tidak hanya dialami usia tua ini, membuat tubuh penderitanya tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi. Akibatnya, kadar gula darah meninggi.

Kebiasaan minum minuman kaya glukosa menjadi salah satu faktor pemicunya. Kebanyakan orang memang suka minuman manis, seperti sirup atau softdrink. Teh, kopi, atau coklat pun terasa mantap saat dibubuhi gula. Hanya saja, saat rasa manis tidak dikontrol, potensi diabetes mengancam. Risiko penyakit hati juga mengancam dari situ.

Untuk itu, gantilah minuman yang serba manis itu dengan air putih. Air netral tanpa kalori ini mampu mengurangi risiko gula darah berlebihan, sekaligus mengurangi berat badan. Dan, menurut penelitian dari Harvard University, potensio terkena diabetes tipe 2 turun sampai tujuh persen.

“Untuk menurunkan risiko obesitas dan penyakit cardiometabolic, sangat penting untuk menurunkan konsumsi minuman manis dan menggantinya dengan air putih atau teh dan kopi tanpa gula,” kata Professor Frank Hu dari  Harvard School of Public Health.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda