Scroll to Top

Setelah Teknologi Garis Gawang, Cat Semprot Wasit Juga Disiapkan untuk Piala Dunia 2014

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 03 Dec 2013

Setelah Teknologi Garis Gawang, Cat Semprot Wasit Juga Disiapkan untuk Piala Dunia 2014

FIFA terus melakukan terobosan terbaru. Setelah mengesahkan penggunakan teknologi garis gawang untuk Piala Dunia 2014 di Brazil, badan sepakbola dunia itu akan melakukan ujicoba cat semprot wasit pada Piala Dunia Antar Klub 2013 yang akan diselenggarakan di Maroko.

Sebenarnya, penggunaan cat semprot wasit tersebut bukanlah yang pertama kali. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pertandingan sepakbola profesional di daerah Amerika Selatan, sudah menggunakan metode ini. Disebutkan The New York Times, cat semprot wasit pertama kali dikembangkan di Brazil, sebelum kemudian menyebar ke Argentina.

Wasit menggunakan cat semprot ini sebagai bantuan untuk menentukan posisi pagar betis untuk menghadang tendangan bebas. Biasanya, para pemain yang membentuk pagar betis tersebut, mudah mencuri-curi kesempatan untuk bergerak lebih maju lagi. Namun, dengan cat semprot, dipastikan bahwa pagar betis tak akan bisa berbuat curang lagi.

Massimo Busacca, Kepala Bidang Perwasitan FIFA menyebutkan, “Cat semprot ini memiliki efek prefentif yang jelas. Jarak yang ditentukan wasit, selalu dihormati pemain (yang membentuk pagar). Sejauh ini, dalam dua turnamen yang menggunakan metode ini, tak ada kartu kuning karena pemain senantiasa mematuhi jarak.”

“Setelah Piala Dunia Antar Klub di Maroko, evaluasi lebih lanjut akan dibahas. Kami akan mengkaji hasil penggunaan cat semprot; apakah hal ini bisa digunakan pada kompetisi FIFA di tahun-tahun mendatang.”

Piala Dunia Antar Klub sendiri, akan berlangsung pada 11 hingga 21 Desember 2013 mendatang. Dalam turnamen ini, Bayern Munchen sang juara Liga Champions Eropa, akan berhadapan dengan tim-tim tangguh dari semua konfederasi. Ada Atletico Mineiro (CONMEBOL), Guangzhou Evergrande (AFC), Al-Ahly (CAF), Monterrey (CONCACAF), Auckland City (OFC), dan Raja Casablanca sebagai tuan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda