Scroll to Top

Android KitKat Kuasai 1,1%, Jelly Bean Mendominasi

By Ditya / Published on Tuesday, 03 Dec 2013
Pangsa Pasar Android Desember 2013
Pangsa Pasar Android Desember 2013

Android 4.4 KitKat yang baru saja diluncurkan Google awal November lalu bersama smartphone Nexus 5 dikabarkan telah menguasai 1,1% pasar sistem operasi Android. Sedangkan Android Jelly Bean saat ini mendominasi pasar dengan menguasai 54,5%. 

Penguasaan pasar Android 4.4 KitKat ini masih minim karena perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut juga masih sedikit, yakni jajaran produk Nexus dan smartphone Google Edition saja. Gelombang peningkatan Android 4.4 KitKat ini diperkirakan akan terjadi pada awal tahun 2014.

Saat ini Android Jelly Bean menguasai pasar dengan menguasai 54,5% yang terdiri dari versi 4.1.x Jelly Bean 37,4%, 4.2.x Jelly Bean 12,9%, dan 4.3 Jelly Bean 4,2%. Dominasi Android Jelly Bean ini tidak mengejutkan karena sebagian besar produsen smartphone dan tablet telah menyematkan sistem operasi Android minimal 4.1 Jelly Bean.

Pasar Android 4.3 Jelly Bean diperkirakan juga akan mengalami peningkatan yang cukup drastis karena beberapa produsen besar telah menyiapkan update Android 4.3 Jelly Bean untuk produk besutannya, yakni Samsung, HTC, Sony, dan Motorola. Beberapa produk baru seperti Galaxy Note 3 telah menggunakan Android 4.3 Jelly Bean sejak awal kehadirannya.

Posisi ketoga diduduki oleh jagoan lama Android, yakni versi Gingerbread yang menguasai 24.1% yang disusul oleh Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang menguasai 18,6% pasar. Posisi keempat diduduki oleh Android 2.2 Froyo dengan menguasai 1,2% dan Android 3.2 Honeycomb yang menguasai 0,1%.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (02/12/2013), fragmentasi versi sistem operasi Android memang masih terjadi, tetapi saat ini lebih baik daripada ketika Gingerbread masih menguasai pasar. Mengatasi masalah fragmentasi Android ini bukan perkara mudah karena update versi Android berada di tangan produsen masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda