Scroll to Top

Arif Wicaksono aka sakitjiwa: Hacker Indonesia yang Telah Tiada

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 04 Dec 2013

Arif Wicaksono

Arif Wicaksono atau yang lebih dikenal dengan sakitjiwa, hacker Indonesia, salah satu tokoh IT security senior tanah air telah tiada. Ia hembuskan nafas terakhir pada 24 Juli 2013 yang lalu. Indonesia berduka kehilangan salah satu putra terbaik bangsa.

Semasa hidupnya, Arif Wicaksono dikenal sebagai pegiat IT yang sangat aktif baik itu di komunitas underground dan juga di dunia IT security Indonesia khususnya. Ia menutup usia di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Menurut tulisan Zaki Akhmad di laman blognya, almarhum dikenang sebagai sosok yang rendah diri, tak suka pamer, kocak, dan kerap berkicau di Twitter dengan tweet lucu, kreatif, serta out of the box.

Kicauan di Twitter tertanggal 20 Juli, akun @sakitjiwa yang digawangi admin menulis jika Arif Wicaksono sedang berjuang untuk sembuh dari sakit yang ia derita.

Arif Wicaksono dikenal juga sangat aktif dalam beberapa event IT security baik sebagai panelis maupun keynote. Mengutip blog Zakiakhmad.wordpress.com, almarhum turut sumbangkan pemikirannya salah satunya pada perhelatan IDSECCONF tahun 2011 dan 2012 serta RNDC Majalah PC Plus.

Berikut nukilan video dari Youtube saat mediang jadi panelis IDSECCONF 2012. Selamat jalan Arif Wicaksono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda