Share

Dapodik

Dapodik 2013, download aplikasi terbaru di situs Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adalah sistem pendataan skala nasional terpadu serta merupakan sumber data utama pendidikan nasional.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional untuk wujudkan insan Indonesia yang kompetitif serta cerdas. Karena ini bagian dari perencanaan, maka untuk pelaksanaan program-program pendidikan wajib tepat sasaran, membutuhkan data yang cepat dan valid, akuntabel, dan up to date.

Sehubungan dengan hal di atas, maka Departemen Pendidikan Nasional telah kembangkan sistem pendaataan terpadu berskala nasional yang bernama Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Mulanya data pokok ini bisa diakses melalui situs Dapodik.org (2006-2011). Namun sejak 1 Januari 2012 aksesnya ditutup dan hanya bisa diakses di situs Kemdiknas.

Sumber data Dapodik ada tiga macam yakni; Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Ketiganya menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan sebagai data pendukung utama pendidikan nasional.

Mengutip beberapa sumber, data Dapodik juga bisa dipakai untuk mengecek validasi data Dapodik guru sertifikasi, cek verifikasi data PTK, dan cek SK tunjangan sertifikasi. Bagi Anda yang ingin men-download Dapodik 2013 terbaru, bisa lakukan itu di situs Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui tautan di bawah ini: