Scroll to Top

Pekan Kondom Nasional 2013 Akhirnya Gagal di Hari Ke-4

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 05 Dec 2013

bus kondom

Pro kontra Pekan Kondom Nasional (PKN) 2013 akhirnya berakhir kemarin (4/12). Kementrian Kesehatan (Kemenkes) rupanya cukup gerah dengan banyaknya penolakan terhadap agenda ini. Dikutip dari SuaraMerdeka, Kemenkes mengaku kalau progam PKN bukanlah programnya pemerintah. Namun semua ini inisiatif salah satu distributor kondom DKT Indonesia melalui sepengetahuian Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN).

Sebenarnya kegiatan ini juga mendapat pertentangan dari orang Istana Presiden. Sekretaris Kabinet Dipo Alam, misalnya, melayangkan kicauannya di Twitter agar Menteri Kesehatan dan Kemenkes segare mengentikan KPN. Dinilainya hal tersebut tidak patut.

Menanggapi masalah PKN, KPAN melalui sekretarisnya  Kemal Siregar membantah jika lembaga ini terlibat. Dikatakannya, KPAN lebih berfokus pada masalah penanggulangan AIDS yang dilakukan secara intensif, menyeuruh, dan saling berkoordinasi. Ini sesuai dengan Peraturan Presiden No. 75/2006.

“KPAN tidak ikut-ikutan dalam kegiatan PKN, apalagi mengkampanyekan program kondomisasi kepada seluruh kalangan masyarakat,” kata Kemal seperti dikutip Republika Online.

PKN awalnya akan dilaksanakan dari 1 Desember sampai 7 Desember 2013 mengiringi Hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember. Namun umur kegiatan hanya berlangsung efektif 3 hari, dengan hari ke-4 dihentikan. Kata Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan, program ini ditujukan untuk mengurangi penularan HIV yang disebabkan seks berisiko.

Namun masyarakat sepertinya lebih cerdas dalam menyikapi. Sosialisasi kondom dianggap sebagai sebuah “saran” terselubung bahwa jika sudah “ngebet” ingin seks bebas, kondom sebagai solusi  agar tidak kena HIV. Padahal, sebagian pihak mengungkapkan bahwa pori-pori dalam karet lateks kondomom masih memungkinkan untuk ditembus virus HIV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda