Scroll to Top

FB Unfollow: Hilangkan Post Teman dari Timeline Tanpa Unfriend

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 05 Dec 2013

Facebook

FB kini punya fitur baru tapi lama yang bernama Unfollow. Dulunya, fitur ini bernama Hide All. Sesuai namanya, menyembunyikan update dan post pengguna terpilih yang dianggap mengganggu. Berbeda dengan Twitter, Unfollow tidak memutuskan hubungan pertemanan (unfriend).

Lupakan apa fitur baru Facebook itu sejanak dan fokus dulu dengan Unfollow. Di awal disebut jika fitur ini berbeda dengan Twitter. Menarik kemudian jika Facebook lagi-lagi dan lagi mengadaptasikan apa yang Twitter miliki.

Apa memang sedang tren ‘mengkloning’ fitur jejaring sosial lain yang sedap top? Entahlah. Yang jelas ini bukan sekali dua kali FB berupaya menjiplak ekosistem yang berlaku di Twitter. Sebelum tombol Unfollow ini muncul, Facebook telah lahirkan fitur Trending, Hashtag, tombol Follow, dan masih banyak lagi.

Kembali ke soal tombol Unfollow, sebelumnya fitur ini bernama Hide All, sembunyikan update dari pengguna terpilih untuk tidak dijumpai lagi di Timeline. Agak canggung jika memutuskan hubungan pertemanan di Facebook atas dasar jika pengguna tersebut terlalu ‘cerewet. Jika tak ingin lakukan itu maka tinggal klik tombol Unfollow.

Penggunaannya pun cukup udah. Di News Feed pada postingan terpilih, sila klik ke pojok kanan di bagian post tersebut dan di menu drop down klik opsi Unfollow. Secara otomatis segala pembaruan dari pengguna tersebut tidak bakal Anda jumpai.

Namun hubungan pertemanan yang ada akan tetap baik-baik saja. Anda bisa menulis di Timeline mereka (kecuali di-setting tidak dizinkan), mengobrol di chat, lakukan tag, dan masih banyak lagi. Sebuah ‘tombol munafik’ penuh kamuflase. Tetap berteman namun tak sudi terima pembaruan. Ironis bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda