Scroll to Top

NSA Lacak & Monitor Lokasi Ratusan Juta Ponsel di Seluruh Dunia

By Ditya / Published on Thursday, 05 Dec 2013
Edward
Edward Snowden

National Security Agency (NSA) atau lembaga keamanan nasional Amerika Serikat dikabarkan tak hanya melakukan penyadapan pada hasil pencarian Google, email, dan pesan teks saja, tetapi juga melacak dan memonitor lokasi ratusan juta ponsel di seluruh dunia.

Kabar mengejutkan mengenai aktivitas NSA yang melacak dan memonitor lokasi ratusan juta ponsel di seluruh dunia melalui penyusupan ke kabel yang menghubungkan jaringan mobile secara global ini disampaikan oleh Washington Post. Media tersebut juga mengatakan bahwa NSA berhasil mengumpulkan 5 miliar catatan atau log panggilan dalam sehari.

Informasi yang disampaikan oleh Washington Post ini bersumber dari dokumen rahasia yang btelah dibocorkan oleh Edward Snowden, seorang mantan agen CIA dan analis di NSA. Tak hanya itu, hal ini juga dibenarkan oleh pejabat intelijen Ameriak Serikat yang sempat diwawancarai.

Data lokasi ratusan juta ponsel diseluruh dunia ini dikumpulkan oleh NSA untuk memungkinkan agen melacak pergerakan orang dan memetakan hubungan mereka melalui cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Data lokasi ponsel dianggap metadata yang dikumpulkan secara “kebetulan” sehingga tidak dilindungi oleh Amandemen Keempat Konstitusi AS.

Berdasarkan informasi dari hasil wawancara dengan pejabat intelijen AS, sebagian besar pelacakan lokasi ponsel ini terjadi di luar Amerika Serikat. Pejabat tersebut juga beralasan bahwa hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan terhadap target intelijen asing.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (04/12/2013), NSA dapat mengumpulkan informasi tersebut berkat bantuan dari perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Hal ini telah tercantum dalam dokumen rahasia NSA yang menggunakan nama sandi “ARTIFICE” dan ” WOLFPOINT”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda