Scroll to Top

2 Juta Password FB, Gmail dan Twitter Telah Dicuri

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 05 Dec 2013

Hacker

Kasus peretasan akun jejaring sosial dan email kembali mendera jagat maya. Kali ini jumlahnya tak tanggung-tanggung, capai dua juta akun yang meliputi FB, Google, Yahoo!, dan Twitter. Apa sesungguhnya yang terjadi.

Disinyalir menurut laporan perusahaan cybersecurity Trustwave, proses peretasan yang ada menggunakan software keylogging yang dinstall di komputer-komputer di seluruh dunia. Ibarat virus, piranti lunak jahat tersebut kemudian mengirim krdensial informasi berupa nama pengguna dan sandi ke server yang dikendalikan peretas.

Pada tanggal 24 November lalu, Trustwave mnlacak server di Belanda dan menemukan data kredensial yang dikompromikan di lebih dari 93.000 situs termasuk:

  • Facebook (318 ribu akun).
  • Gmail, Google+, dan Youtube (70 ribu akun).
  • Yahoo! (60 ribu akun).
  • Twitter (22 ribu akun).
  • LinkedIn (8 ribu akun).

Akan tetapi Trustwave belum miliki bukti bilamana mereka (peretas) login ke akun yang dikompromikan. Tapi Trustwave percaya akan hal itu.

“Kami tak miliki bukti soal itu tapi kamu percaya mereka mungkin melakukannya,” terang John Miller, manajer riset keamanan Trustwave.

Facebook, LinkedIn, dan Twitter tahu akan hal ini. Mereka telah menghimbau pengguna yang diduga akunnya dikompromikan untuk segera lakukan reset ulang kata sandi. Yahoo! tidak berikan pernyataan langsung. Sedangkan Google enggan menanggapi.

Yang jadi misteri kemudian bagaimana piranti lunak keylogger bisa menyebar cepat ke banyak komputer di dunia. Plus, software ini tidak diketahui pemilik komputer telah tertanam di miliknya. Demikian tulis CNN Money.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda