Scroll to Top

5 Gejala Lupus dan Penyebabnya

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 05 Dec 2013

lupus

Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia. Kekebalan tubuh justru aktif secara berlebihan sehingga akan menyerang jaringan sehat lainnya. Lupus tidak menular. Hanya saja penderitanya mungkin agak minder dengan berbagai gejala yang tampak.

Sampai saat ini bisa dikatakan penyebab lupus masih misterius. Namun diduga ada beberapa faktor yang menjadi biang. Di antaranya adalah genetik, perubahan hormon, lingkungan, pengobatan, dan the combo platter. Kemungkinan beberapa faktor ini menyerang sekaligus sehingga membentuk penyakit lupus.

Beberapa gejala dari penyakit lupus yaitu sebagai berikut:

  1. Orang yang mengalami lupus kerap didapati mengalami tubuh kelelahan yang berlebihan. Selain itu badan mudah demam dan diserati rasa pegal di sekujur badan.
  2. Penderita lupus biasanya kekurangan se darah merah, sehingga dirinya mengalami anemia.
  3. Kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Jika terpapar agak lama menjadikan kulit tampak terbakar.
  4. Penderita lupus juga diketahui mengalami masalah dalam fungsi pencernaan.
  5. Banyak penderita lupus yang memiliki ruam merah di kedua pipi. Bentuknya mirip pola kupu-kupu. Pada sebagian besar kulit tubuh, ruam ini bentuknya seperti cakram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda