Scroll to Top

Batu Bacan, Permata Maluku yang Makin Sulit Didapat

By C Novita / Published on Friday, 06 Dec 2013

batu bacan

Penggemar batu permata atau batu mulia pasti telah paham apa itu batu Bacan. Batu berwarna hijau dengan corak hitam di beberapa bagiannya tersebut kini sedang jadi primadona. Keindahan batu Bacan yang sering disebut juga batu Giok Indonesia itu bahkan telah terdengar hingga ke  Taiwan dan China, menyebabkan permintaan dan harga batu tersebut melonjak tajam.

Batu Bacan (chrysocola) di tanah air hanya dapat ditemukan di daerah Maluku Utara, tepatnya Kabupaten Halmahera Selatan di sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Bacan. Jenisnya dinamakan sesuai dengan nama daerah dimana Bacan tersebut diketemukan.

Ada Bacan Doko, sebab berasal dari daerah Doko, Pulau Bacan. Serta Bacan Palamea, yang ditambang dari daerah Palamea, di pulau yang sama. Yang membedakan adalah warna yang dimiliki oleh Bacan kedua daerah itu tak sama. Warna kehijauan, berarti Bacan Doko, sedangkan warna kebiruan adalah Bacan Palamea.

Keunikan dari batu Bacan adalah semakin lama ia akan berubah warna makin terang karena proses kristalisasi (silisifikasi) yang terjadi secara alami. Ada yang percaya bahwa seiring makin beningnya warna Bacan, berarti pemiliknya akan makin hoki atau banyak rejeki.

Sayangnya, keberadaan batu Bacan kini makin sulit didapat di daerah asalnya. Konon, penggalian untuk memperoleh batu berharga tersebut kini telah mencapai ratusan meter di bawah permukaan tanah.

Karena itu, harga Bacan bertambah mahal dan langka, sebab banyak kolektor dan pedagang yang berlomba-lomba memperolehnya. Belum lagi pembeli dari Taiwan dan China yang juga berani memasang harga tinggi untuk memperoleh batu Giok Indonesia tersebut.

Harga batu Bacan dipasaran berkisar Rp 40 juta – Rp 100 juta per kilogram, atau Rp 200 ribu – Rp 2 juta dengan ukuran kecil untuk mata cincin. Luar biasa.

 

Pic: Batu-bacan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda