Scroll to Top

Piala Dunia 2014 Akan Terapkan Time Out

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 06 Dec 2013

Piala Dunia 2014 Akan Terapkan Time Out

FIFA, melalui Sekretaris Jenderal Jerome Valcke menyebutkan, bahwa sistem time out akan diberlakukan dalam beberapa pertandingan di Piala Dunia 2014. Hal ini diterapkan untuk menghindari dehidrasi pemain dalam cuaca yang panas.

Sebelumnya, wacana time out sudah diembuskan oleh kubu Italia. Pelatih Gli Azzurri, Cesare Prandelli, mengkhawatirkan cuaca panas di Brazil sepanjang gelaran Piala Dunia mendatang. Italia berkaca pada pengalaman mereka di Piala Konfederasi 2013 lalu.

Prandelli memaparkan, “Anda tidak bisa memberikan minuman kepada para pemain karena FIFA hanya mengizinkan botol minum ada di belakang gawang. Dengan demikian, pemain hanya bisa minum saat terjadi tendangan sudut.”

“Anda mempertaruhkan keaadan dengan membuat banyak tendangan sudut hanya agar bisa minum. Kesannya memang bergurau, tapi ketika Anda berada di lapangan, ini masalah serius.”

Pada kenyataannya, dari 64 pertandingan yang akan digelar di Brazil 2014, empat di antaranya akan diselenggarakan pada pukul 13.00 waktu setempat; di bagian utara Brasil yang kemungkinan bercuaca sangat panas.

Valcke yang sempat menyebutkan Brazil 2014 adalah Piala Dunia dengan temperatur ekstrem, menyatakan, “Setiap pertandingan memiliki koordinator, dokter, dan wasit lapangan. Tiga orang ini akan mengambil keputusan yang dibtuuhkan untuk memastikan, kondisi pertandingan yang memungkinan. Mereka juga berhak memerintahkan istirahat sejenak (time out) dalam pertandingan.”

FIFA sendiri tak mau mengganti jadwal pertandingan yang digelar di siang hari. Badan sepakbola dunia itu berkeyakinan, penelitian medis membuktikan cuaca panas tak akan mengganggu kesehatan pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda