Scroll to Top

Ingat! Pemasangan RFID Pertamina Gratis

By Ilham Choirul / Published on Friday, 06 Dec 2013

rfid

Pemasangan RFID (radio frequency identification ) Pertamina sudah mulai berjalan. Perangkat yang dipakai untuk memonitor pemakaian BBM bersubsidi ini sudah terpasangan pada sebagian kendaraan di DKI Jakarta. Sampai 31 Desember 2013 ini, Jakarta menjadi percontohan. Dan, selanjutnya, akan diteruskan ke seluruh Jawa dan Kalimantan untuk sasaran berikutnya.

Namun perlu diketahui, pemasanga RFID sama sekali gratis. Beberapa waktu lalu Pertaminan sempat mendapati adanya kabar miring bahwa pemilik kendaraan dimintai sejumlah uang tertentu dari pihak tidak bertanggung jawab. Pertamina, melalui situs resminya, menegaskan baik pemasangan hingga 31 Desember 2013 ini dan waktu selanjutnya, masyarakat tidak dikenakan beban biaya apapun.

“Kami tegaskan tidak ada pungutan untuk pemasangan RFID tersebut dan tidak ada batasan waktu pemasangan sehingga kami himbau masyarakat tidak panik. Adapun 31 Desember 2013 merupakan target penyelesaian pemasangan RFID untuk kendaraan di wilayah DKI Jakarta. Tetapi pemasangan RFID selanjutnya akan gratis selamanya dan tidak ada batasan waktu,” kata Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Cara kerja sistem monitoring dan pengendalian (SMP) BBM ini melibatkan penggunaan alat sistem informasi. Satu alat dipasang di SPBU dan satunya melalu alat RFID. Di ujung selang penyaluran BBM akan diletakkan alat pembaca informasi berbentuk cincin. Data ini kemudian masuk ke server. Penggunaan BBM bisa diamati dari data ini.  Program SMP menjadi bagian dari Peraturan Menteri ESDM No 1 Tahun 2013 dan Peraturan BPH Migas Nomor 6 Tahun 2013.

Untuk di Jakarta, pemasangan RFID sampai akhir tahun ditujukan untuk kendaraan roda empat. Untuk roda dua kemungkinan mulai dilakukan awal tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda