Scroll to Top

Inilah Obat Flu Tanpa Harus Makan Obat

By Ilham Choirul / Published on Friday, 06 Dec 2013

flu

Virus influenza atau flu akan menginfeksi tubuh ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Virus dengan leluasa menjangkiti dan memunculkan berbagai gejala. Beberapa di antaranya adalah demam, pilek, batuk, hingga badan terasa pegal-pegal.  Penyakit flu bukan sekadar pilek. Dia lebih luas dalam memberikan efek sakit pada tubuh.

Umumnya flu terjadi saat kondisi udara dingin atau sedang musim pancaroba. Di waktu inilah banyak orang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh. Walhasil virus flu yang ikut tercecer di mana-mana bisa dengan mudah menjangkit. Tapi tahukah Anda? Penyakit ini bisa dibantu pengobatannya tanpa harus minum obat. Caranya, Anda melakukan berbagai hal yang mendorong peningkatan kekebalan tubuh sebagai berikut:

  1. Berjemur sinar matahari. Berjemur di pagi atau sore hari menjadikan tubuh lebih kuat. Ini terjadi lantaran provitamin D yang diubah menjadi vitamin D pada kulit, memiliki peran untuk mengembalikan kekebalan tubuh. Secara otomatis terjadi perlawanan alami oleh tubuh pada virus flu dan benda asing lainnya yang masuk ke tubuh.
  2. Mengonsumsi vitamin C. Baik dalam bentuk suplemen atau dari makanan, vitamin C ikut membantu memulihkan tubuh yang menurun staminanya. Vitamin ini kerap dijadikan agen sebagai pengusir penyakit flu.
  3. Berolahraga. Sekalipun mungkin badan sedang kurang enak, berolahraga ringan membantu tubuh menguatkan antibodi. Olahraga menjadi katalisator peningkatan kekebalan tubuh. Jadi  jangan malas menggerakkan badan saat sakit flu. Namun, hindari dulu jenis  olahraga yang berat atau menengah.
  4. Makan sup ayam hangat. Sup yang hangat akan membuat badan menjadi hangat. Efek lainnya, virus flu yang benci dengan suhu hangat atau panas akan mulai luntur dalam melakukan perlawanan. Sup hangat ikut membantu melancarkan jalan pernafasan. Sebaiknya masukkan berbagai rempah di dalamnya seperti jahe atau kunyit yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh.
  5. Cukup tidur. Tidur adalah sarana efektif untuk menyembuhkan beragam penyakit termasuk flu. Tidur akan mengembalikan kekebalan tubuh dan terjadi perbaikan sel di seluruh bagian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda