Scroll to Top

Sering Lihat Foto di Facebook Bisa Ubah Pola Makan

By Ibnu Azis / Published on Friday, 06 Dec 2013

Pola Makan

Apakah Anda termasuk remaja dan sering melihat foto di FB? Awas, kebiasaan itu miliki dampak yang mungkin tidak Anda sadari; perubahan pola makan. Mengapa demikian?

Dampak yang dimaksud merujuk pada pengguna remaja putri. Jika mereka terlalu banyak melihat foto-foto yang mengalir di News Feed, kemungkinan akan mengalami masalah dengan bentuk tubuhnya yang akan menjurus ke kelainan makan.

Masalah yang muncul bukan karena banyaknya waktu yang dihabiskan untuk menikmati foto-foto tersebut, namun perasaan yang timbul tatkala melihat foto-foto yang ada. Muncul sebuah pemikiran jika bentuk tubuh mereka tidak sempurna. Ini terjadi karena saking seringnya melihat foto-foto orang lain di Facebook dan membandingkan dengan diri sendiri.

Apakah terlalu kurus, atau apa terlalau gemuk, adalah beberapa fikiran yang muncul di benak mereka. Jika ini diteruskan maka bisa berdampak pada perubahan pola makan atau bahkan kelainan makan (anoxeria).

Data ini berdasar sebuah survei yang telah dilakukan pada 103 responden remaja putri. Mereka umumnya berfikir jika bentuk tubuh yang dimiliki jika terlalu gemuk atau terlalu kurus. Namun tidak ada kaitannya sama sekali antara jumlah waktu akses Facebook untuk melihat foto-foto yang ada dengan perubahan pola makan atau kelainan makan serta bentuk tubuh.

Apa yang terjadi kemudian menurut peneliti adalah perubahan pola bergaul dari tatap muka langsung jadi melihat foto pengguna lain yang ditemui di Facebook. Alhasil mereka melihat diri sendiri dan ‘lawan’ pergaulannya via foto yang dipajang di FB bukan bentuk tubuh asli ketika face to face.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda