Scroll to Top

Bapak Android Kini Kembangkan Industri Robot Google

By Ibnu Azis / Published on Friday, 06 Dec 2013

Robot Google

Andy Rubin atau dikenal sebagai Bapak Android kini miliki ‘kesibukan’ baru. Ia didapuk sebagai team leader untuk pengembangan teknologi dan industri robot yang kini tengah dikerjakan Google. Apa yang sedang direncanakan ‘mesin pencari’ itu?

Google terkesan menyembunyikan proyek ini. Sebab, teknologi yang sedang dikembangankan Andy Rubin dkk ternyata telah berjalan selama enam bulan. Selama satu semester tersebut Google juga telah lakukan pembelian di tujuh perusahaan teknologi yang menfokuskan diri pada pengembangan teknologi robotika.

Lantas, mengapa disebut industri? Senter terdengar jika proyek futuristik ini sukses, Google bakal melego robotnya hanya untuk kalangan korporat saja. Untuk konsumen individual wajib gigit jari. Sedangkan bagaimana konsep dan kegunaan atau fungsionalitas robot tersebut masih menjadi misteri.

Yang jelas Google nampaknya tidak main-main dengan ‘mainan’ terbarunya ini. Mereka telah tanamkan investasi besar dengan lakukan pembelian di tujuh perusahaan robotika mulai Autofuss, Bot & Dolly, Holomni, Industrial Perception, Meka Robotics, Redwood Robotics, serta Schaft.

Untuk jenis robot yang akan dikembangkan, Andy Rubi masih bungkam. Ia hanya berikan sedikit bocoran jika ia dan timnya akan ber-headquarter di Palo Alto, California, serta Jepang.

Muncul rumor kemudian jika robot-robot Google dihadirkan untuk pengujian dan penelitian mobil tanpa ‘awak’ serta untuk proses optimisasi dalam teknologi jasa kurir atau pengiriman paket (barang). Asumsi ini muncul setelah diketahui jika Google telah lakukan perekrutan tim isinyur Jepang yang menekuni teknologi robot humanoid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda