Scroll to Top

Akses Twitter Tanpa Koneksi Internet, Begini Caranya

By Ibnu Azis / Published on Friday, 06 Dec 2013

Twitter

Yang namanya layanan internet pasti wajib menggunakan koneksi internet untuk menggunakannya. Namun bilamana tak perlukan sambungan data tersebut? Itulah yang akan sedang dilakukan Twitter tatkala bermitra dengan layanan bisnis asal Singapura, U2opia. Nantinya, Twitter bisa diakses dalam kondisi offline. Bagaimana teknologi itu diaplikasikan?

Jika sesuai dengan rencana, teknologi ini akan bisa segera dicicipi pengguna mulai kuartal pertama tahun 2014. Secara sederhana dijelaskan sang CEO dan Founder U2opia, Sumesh Menon jika, pengguna diharuskan menghubungi nomor telepon tertentu untuk menerima pembaruan informasi terkait trending topic Twitter.

Dari data yang dilansir U2opia, delapan dari 10 orang di negara berkembang masih belum tersentuh oleh internet (mobile). Ponsel yang mereka gunakan tidak mendukung akses ke jagat maya dan hanya sebatas featured. Layanan U2opia sendiri hadir di 30 negara dengan tujuh bahasa internasional. Mereka akan mengelompokkan stream Twitter berdasar lokasi tersebut.

U2opia miliki teknologi yang disebut dengan USSD atau Unstructured Supplementary Service Data. Twitter cocok dengan teknologi tersebut sebab microblogging itu memang miliki keterbatasan karakter dan berbasis teks.

Dengan teknologi USSD plus pengelompokan stream konten Twitter berdasar wilayah, maka pengguna di belahan bumi lain akan menerima aliran informasi yang berbeda dengan wilayah lainnya. Pengguna di Mumbai tidak akan membaca informasi yang sama dengan di Paraguay.

Ternyata U2opia bukan kali ini saja ‘meng-online-kan’ layanan internet meski dalam kondisi offline. Ada 11 juta pengguna yang manfaatkan layanan Fonetwish besutan U2opia yang memungkinkan mereka mengakses Facebook serta Google meski dalam kondisi luring.

Apakah 30 negara berkembang dalam jangkauan U2opia termasuk Indonesia? Jika demikian maka layanan mereka laik untuk ditunggu tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda