Scroll to Top

Aplikasi Android Brightest Flashlight Free Kirim Lokasi Pengguna ke Pengiklan

By Ditya / Published on Saturday, 07 Dec 2013

LED flash

Kabar kurang sedap muncul dari aplikasi Android bernama Brightest Flashlight Free app. Kabarnya, aplikasi Brightest Flashlight Free secara diam-diam mengirimkan data perangkat dan lokasi pengguna pada pengiklan. Hal ini tentu melanggar privasi pengguna dan tidak dapat dibiarkan.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi Brightest Flashlight Free adalah aplikasi senter yang memanfaatkan LED flash yang terdapat pada perangkat Android. Sama seperti aplikasi senter lainnya, Brightest Flashlight Free ini tersedia gratis untuk di-download pengguna melalui toko aplikasi Google Play Store dan jumlah download-nya telah mencapai 100 juta kali.

Dalam penyelesaiannya dengan lembaga US Federal Trade Commission (FTC), pembuat aplikasi Brightest Flashlight Free ini memang mengakui bahwa ia menipu pengguna dengan menawarkan aplikasi senter gratis yang di dalamnya dengan sengaja mengirimkan data mengenai perangkat dan data lokasi pengguna pada para pengiklan.

Hal ini dinilai melanggar privasi karena dalam kebijakan provasi meyebutkan bahwa aplikasi Brightest Flashlight Free inmemiliki akses pada lokasi dan informasi perangkat yang digunakan oleh pengguna, tetapi tak memiliki izin untuk membagikan atau mengirimkannya ke pihak ketiga, termasuk pengiklan.

“Ketika konsumen diberi kenyataan, pilihan informasi, mereka dapat memutuskan sendiri apakah manfaat dari layanan bernilai informasi yang mereka harus berbagi untuk menggunakannya. Tapi senter ini meninggalkan mereka dalam kegelapan tentang bagaimana informasi mereka akan digunakan,” kata Jessica Rich, direktur perlindungan konsumen di FTC.

Erik Giedl yang merupakan pemilik GoldenShores Technology yang telah membuat aplikasi Brightest Flashlight Free telah diperintahkan untuk menghapus informasi pribadi yang telah berhasil dikumpulkan, seperti yang dilansir dari PocketLint (16/12/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda