Scroll to Top

PSSI Stop Naturalisasi Timnas Indonesia Untuk AFF 2014

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 07 Dec 2013

Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo

PSSI sepertinya tidak akan aktif dalam melakukan naturalisasi. Kepala Badan Tim Nasional Indonesia (BTN), La Nyalla Mattalitti mengatakan untuk menghadapi Piala AFF 2014 PSSI tidak akan lagi menjalankan program naturalisasi pemain.

Tidak ada naturalisasi, sudah cukup. Kita tidak butuh, masih banyak pemain-pemain kita yang lebih bagus” tegas La Nyalla di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (7/12/2013).

La Nyalla menegaskan jika Indonesia jangan membiasakan diri untuk melakukan program naturalisasi. Pasalnya di Tanah Air, masih banyak bibit-bibit pemain yang kualitasnya lebih baik.

“Kita jangan terlalu membiasakan, kita harus berubah. Karena banyak bakat-bakat kita yang belum dimaksimalkan” tambah La Nyalla.

Seperti yang diketahui jika dalam dua pelaksanaan Piala AFF terakhir yakni pada tahun 2010 dan 2012, PSSI selalu melakukan naturalisasi pemain.

Pada 2010 pemain yang masuk timnas lewat jalur naturalisasi diantaranya adalah Christian Gonzales. Pada tahun itu Indonesia yang dilatih Alfred Riedl, mampu masuk final sebelum akhirnya dikalahkan Malaysia.

Selanjutnya pada 2012 ada tiga pemain naturalisasi yang bergabung yakni Raphael Maitimo, Tonnie Cussel dan Jhonny Van Beukering. Sayangnya Indonesia yang kala itu diasuh Nil Maizar, gagal lolos dari fase grup.

Kini PSSI telah resmi mengontrak Alfred Riedl kembali untuk menggantikan Jacksen F Tiago sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Di tahun pertama, BTN menargetkan Riedl untuk membawa timnas menjadi juara AFF 2014. Namun jika gagal, maka kontraknya akan diputus.

“Itu mutlak! kalau bisa jadi juara kontraknya akan kita tambah dua tahun, jika tidak sesuai target kontrak akan kita putus” pungkas La Nyalla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda