Scroll to Top

Ini Sebab Hari Ibu Diperingati Tiap 22 Desember

By C Novita / Published on Saturday, 07 Dec 2013

hari ibuHampir setiap negara memiliki hari khusus untuk kaum ibu, atau dikenal dengan Hari Ibu. Di Indonesia Hari Ibu biasanya diperingati pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Pada sebagian besar negara-negara Eropa dan Timur Tengah, Mothers Day diperingati pada tanggal 8 Maret. Berbeda lagi dengan di Amerika Serikat, Belanda, Hongkong, negara tetangga kita yaitu Malaysia dan Kanada. Di negara-negara tersebut Mothers Day diperingati pada hari Minggu di pekan ke dua bulan Mei.

Semua negara tersebut memiliki latar belakang sejarah yang berbeda dalam menentukan jatuhnya Hari Ibu di negara mereka, walau ada pula yang mempunyai sebab sama. Yang pasti, tujuan dari peringatan Hari Ibu adalah menghargai jasa para ibu terhadap keluarga, masyarakat, dan bangsa masing-masing.

Di Indonesia sendiri, tanggal 22 Desember yang diperingati sebagai Hari Ibu tentu juga memiliki asal usul tersendiri. Sudah tahukah Anda apa latar belakang tanggal 22 Desember dipilih sebagai hari penting bagi kaum ibu?

Awal mulanya adalah dari semangat perjuangan kaum wanita di tanah air demi mengangkat derajat sesamanya yang kala itu masih sangat menyedihkan. Kaum wanita yang berada di Jawa dan Sumatra lantas mengadakan sebuah kongres bernama Kongres Perempuan Indonesia I tepat di 22 – 25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta.

Berbagai permasalahan yang dihadapi wanita, mulai dari pendidikan yang rendah, pernikahan dini, merawat anak, mendidik anak, ketrampilan keluarga, dan lainnya dibahas pada kumpulan itu.

Selanjutnya secara berkala kongres wanita diadakan di tanah air, dan pada Kongres Perempuan Indonesia III tahun 1938 diputuskan tanggal 22 Desember, saat kongres tersebut rutin diadakan, adalah Hari Ibu.

Baru pada tahun 1959, Presiden Soekarno menurunkan Dekrit Presiden No. 316 yang secara resmi menetapkan tanggal tersebut sebagai peringatan Hari Ibu resmi di negara ini, dan terus dirayakan tiap tahun oleh masyarakat Indonesia.

Selamat Hari Ibu.

 

Pic: ArtofAdam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda