Scroll to Top

Cegah Penyadapan, SBY Disarankan Tutup Akun Facebook & Twitter

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 07 Dec 2013

SBY

Perihal kasus penyadapan yang menyandera Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih menjadi topik hangat yang terus dikaji. Terkini dalam sebuah diskusi yang dilakukan oleh Indonesia ICT Institute, untuk mencegah kejadian terulang di masa mendatang, SBY disarankan menutup akun media sosialnya seperti Facebook dan Twitter.

Diskusi yang berlangsung Jumat (06/12/13) kemarin di Kantor Kemenpora, Jakarta bertajuk Generasi Muda Bangsa Menyingkapi Aksi Penyadapan. Dalam perbincangan hangat tersebut, Heru Sutadi, Exevutive Director Indonesia ICT Institute berpendapat bila penyadapan bisa masuk melalui beberapa pintu.

“Dewasa ini penyadapan dapat dilakukan melalui telepon tetap (fixedline), telepon seluler, telepon satelit maupun aktivitas internet. Bahkan semua teknologi sudah bisa disadap, termasuk jaringan selular GSM dan CDMA,” terangnya.

Terkait dengan aktivitas internet yang ia maksud, agar kejadian serupa tidak terulang, presiden dan para menteri serta pimpinan lembaga tertinggi lainnya diminta untuk sementara waktu menutup semua akun berbasis jaringan internet.

Ia merujuk pada akun jejaring sosial Facebook dan Twitter. Bahkan, Heru juga sarankan untuk menutup semua akun email yang gunakan domain internasional seperti Gmail, Yahoo!, Outlook, dan sejenisnya.

Terlebih lagi kini untuk menggunakan email diperlukan verifikasi melalui SMS (telepon). Bila peretas mampu melacak nomor ponsel maka mereka bisa dengan mudah untuk masuk dan akses akun email yang jadi target mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda