Scroll to Top

Perang Hacker Indonesia vs Australia, Roy Suryo: Fokus Serang Situs Australia!

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 07 Dec 2013

Roy Suryo

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo ternyata tidak menutup diri akan aksi perang hacker Indonesia vs Australia. Bahkan ia miliki himbauan khusus yang wajib untuk dilakukan para kesatuan aksi peretas Indonesia.

Skandal kasus penyadapan Presiden SBY masih menjadi topik hangat di kalangan masyarakat. Aksi ‘mencuri dengar’ tersebut merupakan tamparan keras bagi pemerintah yang selama ini berupaya keras untuk membangun hubungan diplomatik dengan Australia.

Dalam sebuah diskusi yang dilakukan oleh Indonesia ICT Institute di Kantor Kemenpora Jakarta Jumat (06/12/13) kemarin, Roy Suryo miliki pandangan lain terhadap kasus penyadapan yang terjadi.

Dalam diskusi yang bertajuk Generasi Muda Bangsa Menyinkapi Aksi Penyadapan tersebut, politisi Parta Demokrat itu berujar jika kasus penyadapan sudah telah terjadi bahkan sejak puluhan tahun lalu.

Penyadapan yang terjadi di Indonesia, kata dia, miliki benang merah antara dulu dan sekarang. Bahkan menurut Roy Suryo Timor Timur lepas dari Indonesia tahun 1999 tak lepas dari isu penyadapan.

Menurut pria yang konon ahli telematika ini, kasus penyadapan sudah terjadi sejak Indonesia meluncurkan Satelit Palapa di tahun 1976. Terkait penyadapan SBY, ia berpendapat jika yang disadap bukan telepon orang nomor satu Indonesia itu melainkan satelitnya.

Buah kegaduhan aksi penyadapan ini berbuntut pada kisruhnya jagat maya atas perang cyber antara hacker Indonesia vs Australia. Keduanya saling menyerang satu sama lain tanpa pandang bulu. Roy Suryo berujar jika ia maupun pemerintah tak bisa melarang aksi tersebut sebab di luar kendali mereka.

Namun pria ‘berdarah biru’ asal Yogyakarta ini miliki pesan khusus bagi kesatuan hacker Indonesia terkait perjuangannya di jagat maya tatkala melawan pasukan peretas Australia.

“Serangnya ya harus fokus. Fokus ke situs Australia,” selorohnya sambil tersenyum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda