Scroll to Top

Lakukan Latihan Mata Ini agar Otot Mata Selalu Segar

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 08 Dec 2013

kedip

Kebugaran mata perlu diperhatikan. Sebab, mata yang mengalami kelelahan juga akan menurun fungsinya. Misalnya penglihatan menjadi agak buram, rasa pegal pada mata, hingga mengalami masalah rabun. Aktivitas harian yang sering memakai gadget juga berpeluang menjadikan mata lelah.

Mengembalikan kebugaran mata bisa dilakukan dengan latihan ringan. Latihan ini terbilang sederhana. Namun jangan sepelekan manfaatnya dalam membantu kondisi mata lebih segar dari rasa kelelahan. Begini cara melatih mata agar kembali menjadi segar:

  1. Gosokkan kedua telapak tangan Anda secara cepat hingga terasa hangat atau panas. Setelah panas, taruh kedua telapak tangan ke kedua mata hingga rasa hangat terasa mengalir dari tangan menuju mata. Biarkan mata tertutup sejenak dan bebas dari cahaya. Latihan ini berfungsi untuk mengendurkan otot-otot mata yang terasa menegang setelah seharian bekerja. Cara ini cocok diterapkan di tengah istirahat siang.
  2. Sebelum Anda tidur, pijat kelopak mata  dan otot-otot di sekitarnya menggunakan jari dengan arah melingkat. Pijat lembut selama kurang lebih dua menit. Latihan ini juga bermanfaat untuk membuat otot mata menjadi rileks.
  3. Kedip-kedipkan mata Anda lebih sering, di waktu mata terasa capek. Mengedipkan mata secara kontinyu ini membuat otot mata serasa berolahraga sehingga mengendurkan ketegangan. Bagi orang-orang yang sering berada di depan komputer, sebaiknya dalam jeda waktu tertentu menerapkan cara ini selama tiga sampai empat detik agar mata tidak sampai kelelahan.

Latihan mata sebenarnya tidak hanya akan menyegarkan kondisi otot mata. Di samping itu, latihan ini akan mengurangi mata kering, meningkatkanpenglihatan tepi, meningkatkan konsentrasi, dan menurunkan risiko penyakit mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda