Scroll to Top

Budi Sudarsono Berbagi Pengalaman Saat Merumput di Malaysia

By Aditya / Published on Sunday, 08 Dec 2013

budi sudarsono timnas indonesia

Liga Malaysia musim depan akan diramaikan kembali oleh para pemain dari Indonesia, sebut saja Hamka Hamzah, Patrich Wanggai, hingga yang terbaru Andik Vermansyah. Di era sebelumnya, Budi Sudarsono juga pernah merumput di Malaysia. Nah, mantan penyerang Timnas Indonesia ini pun berbagi pengalaman saat berkiprah di negeri jiran?

Budi Sudarsono pernah bermain di Liga Primer Malaysia bersama Polis Di-Raja Malaysia (PDRM) FA pada tahun 2008 meskipun hanya setengah musim. Mantan pilar Persik Kediri ini pun mengungkapkan senang dan susahnya merumput di negeri tetangga.

Senangnya, kata Budi Sudarsono, pemain Indonesia yang berlaga di Malaysia akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar ketimbang di kompetisi nasional. Menurut pemain yang kini bergabung dengan PSM Makassar ini, Malaysia memang tempat yang cocok untuk mencari uang.

“Yang jelas nilai kontrak lebih besar dibanding di tanah air. Saat itu saya setengah musim bermain di PDRM. Tapi kontrak saya hampir senilai satu musim bila bergabung di klub Indonesia. Soal fasilitas, saya kira relatif. Jika ingin mencari uang, di Malaysia lah tempatnya,” kenang Budi Sudarsono.

Namun, ada susahnya pula bermain di Malaysia. Dukungan suporter di negeri bekas jajahan Inggris itu tidak sebesar ketika main di klub Indonesia.

“Fanatisme penonton di sana masih kurang, jadi adrenalin saya tak membara. Tak seperti bila bertanding di Indonesia yang tiap klub didukung suporter fanatiknya. Di Malaysia, kita sepertinya hanya punya tanggung jawab terhadap klub, tidak kepada suporter,” ungkap Budi Sudarsono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda