Scroll to Top

Grace Hopper, Programmer Bahasa Pemrograman COBOL & Anggota TNI AL

By Cherlya / Published on Monday, 09 Dec 2013

Grace Hopper adalah seorang ilmuwan komputer wanita yang juga anggota Angkatan Laut Amerika Serikat. Menjadi pelopor di bidangnya, ia merupakan salah satu programmer komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan kompilator pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Google hari ini turut memperingati ulang tahun Grace Hopper yang ke 107. Grace Hopper terlahir 9 Desember 1906 dan meninggal 1 Januari 1992 pada umur 85 tahun.

Ia menyusun konsep mesin-independen bahasa pemrograman, yang menyebabkan perkembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern pertama. Hopper juga dianggap sebagai tokoh yang memopulerkan istilah “debugging” untuk memperbaiki gangguan pada komputer (terinspirasi dari ngengat yang ditemuinya pada komputernya).

Karena banyaknya prestasi dan pangkatnya di angkatan laut, ia dijuluki dengan “Amazing Grace”. Kapal penghancur Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Hopper (DDG-70), dinamai berdasarkan namanya, begitu juga dengan superkomputer “Hopper” Cray XE6 di NERSC dan ruang belajar Universitas Teknologi Chalmers.

Hopper pensiun dari Angkatan Laut pada usia 60 tahun, sesuai dengan peraturan yang berlaku, dengan pangkat komandan pada tahun 1966. Ia kemudian dipanggil kembali untuk bertugas pada Agustus 1967 selama enam bulan, dan pensiun kembali pada tahun 1971. Hopper dipromosikan sebagai kapten pada tahun 1973 oleh Laksamana Elmo R. Zumwalt, Jr.

Setelah pensiun, Hopper bekerja sebagai konsultan senior di Digital Equipment Corporation, posisi yang dijabatnya hingga kematiannya pada tahun 1992 di usia 85 tahun. Ia dimakamkan secara militer di Arlington National Cemetery.

Hopper menikah dengan seorang profesor Universitas New York bernama Vincent Foster Hopper (1906–1976) dari tahun 1930 hingga perceraian mereka pada 1945. Setelah itu ia tak pernah menikah lagi dan tetap menggunakan nama belakang Hopper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda