Scroll to Top

Zinedine Zidane: Saya Siap Menjadi Pelatih Timnas Prancis

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 04 Oct 2011

Menjelang detik-detik penentuan lolosnya Prancis ke Euro 2012, Zinedine Zidane menyatakan ia berminat untuk menjadi pelatih timnas negaranya suatu saat nanti. Menurut Zidane, semua hal serba mungkin dalam hidup ini. Termasuk jika suatu saat nanti, ia ditunjuk untuk, misalnya, menggantikan sang rekan, Laurent Blanc.

Ya, Laurent Blanc adalah pelatih Prancis saat ini. Dalam komandonya, Prancis sementara berada di puncak klasemen Grup D. Mereka unggul satu poin di atas Bosnia & Herzegovina. Kemenangan atas Albania pada 7 Oktober mendatang akan membuat Prancis lebih nyaman lagi untuk memastikan satu tiket ke Ukraina-Polandia.

Bicara tentang Laurent Blanc yang juga menjadi mantan rekannya saat menjuarai Piala Dunia 1998, Zidane penuh dengan komentar positif. Meskipun tidak seperti negara-negara besar lain yang begitu mulus lolos ke Euro 2012, Zidane tak pernah kecewa pada Blanc. Katanya, “Kita mesti memberi tim ini waktu (untuk membuktikan kapasitas mereka). Pertanyaan yang sering muncul adalah: apakah Laurent Blanc adalah orang yang tepat untuk Prancis? Jawabannya, ya. Kami meminta Laurent untuk membangun timnas dengan harapan tinggi. Dia berhasil melakukan hal tersebut. Apalagi, setelah pengalaman buruk di Piala Dunia 2010.”

Ya, pada Piala Dunia 2010, timnas Prancis tampil di bawah rata-rata. Di depan tuan rumah Afrika Selatan, Uruguay, dan Meksiko, Prancis menjadi juru kunci. Sejak saat itu, pelatih Raymond Domenech dikeluarkan dan Blanc diminta menggantinya. Empat belas bulan kemudian, meskipun dengan langkah tertatih di awal-awal kualifikasi, Prancis tampil apik.

Jika suatu saat Zidane melatih Prancis, banyak pihak yang sebenarnya menanti kiprah mantan pemain terbaik dunia ini. Hingga saat ini, Zidane belum melatih klub apa pun. Siapa tahu, ia bisa melebihi Carlo Ancelotti, Ruud Gullit, Frank Rijkaard, atau bahkan Pep Guardiola, sebagai mantan pemain luar biasa yang menjadi pelatih fantastis pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda