Scroll to Top

Jadwal Pemilu 2014 Tanggal 9 Bulan April

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Dec 2013

Pemilu 2014

Jadwal Pemilu 2014 akan diselenggarakan pada 9 April. Pada kesempatan Pemilu Legislatif tersebut, seluruh warga Indonesia akan memilih anggota dewan legislatif. Tercatat, ada 12 partai tingkat nasional yang akan memperebutkan suara dalam pemilihan langsung tersebut.

Pada Pemilu Legislatif, rakyat Indonesia akan memilih sesiapa saja yang akan duduk di kursi legislatif. Mulai dari DPRD Tingkat II (Kabupaten/Kota), DPRD Tingkat I (Provinsi), DPD (Dewan Perwakilan Daerah), dan DPR-RI (Tingkat Pusat).

Adapun partai-partai yang akan bertarung di Pemilu 2014 berdasarkan urutan adalah (1) Partai Nasional Demokrat (Nasdem); (2) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB); (3) Partai Keadilan Sejahtera (PKS); (4) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P); (5) Partai Golongan Karya (Golkar); (6) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra); (7) Partai Demokrat; (8) Partai Amanat Nasional (PAN); (9) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), (10) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura); (14) Partai Bulan Bintang (PBB), dan (15) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Khusus di Aceh, berdasarkan Undang-Undang Pemerintahan Aceh dan Nota Kesepahaman Helsinki 2005, ada tiga partai lokal yang ikut bertarung, yaitu nomor urut (11) Partai Damai Aceh, (12) Partai Nasional Aceh, dan (13) Partai Aceh.

Yang menarik adalah, paparan Wakil Sekjen KIPP (Komite Independen Pemantau Pemilu), Jojo Rohi. Seperti dilansir oleh Kompas, Jojo Rohi menuturkan pada Pemilu 2009 akibat kalah, ada 7.276 caleg yang mengalami gangguan jiwa alias gila.

“Mereka menjadi stres atau gila karena berbagai hal, salah satunya ialah ongkos politik yang mahal. Untuk bisa maju sebagai caleg tak ayal mereka harus mengeluarkan banyak uang,” jelasnya.

Dengan sistem demokrasi Pemilu 2014 yang masih sama dengan Pemilu sebelumnya, mungkinkah caleg yang mengalami gangguan jiwa semakin meningkat?

Foto: KOMPAS.com/IRWAN NUGRAHA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda