Scroll to Top

Kicauan Presiden SBY Jelang Hari Anti Korupsi dan HAM

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Dec 2013

korupsi

Esok hari, 10 Desember 2013, diperingati sebagai hari Anti Korupsi dan hak Asasi Manusia (HAM) se-Dunia. Di Indonesia peringatan ini secara seremonial akan dilangsungkan di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan hadir pada puncak peringatan ini. Di samping itu, acara tersebut rencananya juga turut diikuti Kabinet Indonesia bersatu II, penggiat antikorupsi dan HAM, hingga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Menjelang peringatan tersebut, Presiden SBY mengeluarkan “kicauannya” melalui akun Twitternya pagi ini. Presiden mengimbau agar proses pemberantasan korupsi di tanah air harus tetap berlanjut. Kata SBY, tugas ini menjadi kewajiban bersama.

“Pemberantasan korupsi hrs dilanjutkan scr intensif dan agresif. Mari jadikan tugas bersama. Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia!” kata SBY, seperti dikutip Republika Online.

Di balik cerita hari antikorupsi sedunia, sebenarnya peringatan ini merupakan gagasan berbagai negara di dunia. Negara-negara dunia sepakat untuk membentuk sebuah konvensi yang bertajuk United Nations Conventions Against Corruption (UNCAC). Ini merupakan komitmen berskala internasional untuk bersama-sama memberantas korupsi di masing-masing negara.

Di Indonesia, komitmen tersebut ditunjukkan dengan pembentukan lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selama puluhan tahun di Indonesia membudaya tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang merejalela semenjak masa pemerintahan Presiden Soeharto. Pekerjaan rumah KPK sangat berat untuk menumpas setiap aksi KKN. Oleh karena itu, KPK bukan hanya melakukan penindakan terhadap KKN, tetapi juga menyosialisasikan kesadaran untuk melawan korupsi.

Foto: Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda