Scroll to Top

Baidu & China Telecom Stop Terima Pembayaran Bitcoin

By Ditya / Published on Monday, 09 Dec 2013

Bitcoin

Baidu, raksasa internet yang sering dijuluki sebagai “Google China” dikabarkan telah berhenti menerima Bitcoin sebagai pembayaran untuk layanan yang diberikannya. Operator seluler China Telecom juga melakukan hal yang sama, yakni menghentikan penerimaan Bitcoin sebagai pembayaran.

Mengapa Baidu dan China Telecom berhenti menerima Bitcoin sebagai pembayaran? Bedasarkan informasi yang beredar, Baidu dan operator China Telecom berhenti menerima Bitcoin karena Bank Rakyat China melarang opsi pembayaran dengan Bitcoin untuk bank.

Keputusan Baidu, China Telecom, dan Bank Sentral China ini diduga kuat memiliki dampak yang kuat bagi nilai tukar Bitcoin terhadap dolar Amerika Serikat. Menurut CoinDesk, akibat hal ini, nilai tukar Bitcoin anjlok dari sebelumnya sebesar US $1.147 untuk setiap Bitcoin, menjadi $679,43 saja untuk setiap Bitcoin.

“Harus tidak menggunakan Bitcoin untuk menetapkan harga produk atau jasa, tidak membeli dan menjual Bitcoin. Tidak secara langsung atau tidak langsung memberikan layanan Bitcoin terkait lainnya, termasuk mendaftar, perdagangan, kliring atau penyelesaian,” pernyataan Bank Rakyat China atau Bank Sentral China yang dilansir dari CoinDesk.

Larangan terhadap penggunaan Bitcoin ini karena mata uang virtual yang sedang naik daun ini dipandang sebagai ancaman serius bagi sistem keuangan dan dapat mengganggu kebijakan moneter normal. Bitcoin juga sulit diatur peredarannya dan dapat digunakan untuk tindakan kriminal, seperti pencucian uang.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (07/12/2013), Bitcoin sendiri adalah sebuah mata uang virtual atau juga bisa disebut sebagai mata uang elektronik yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto. Bitcoin ini memiliki sifat yang unik, salah satunya adalah tidak tergantung pada penerbit utama. Tak hanya itu, Bitcoin ini juga memperbolehkan pemiliknya untuk menyembunyikan identitasnya atau anonymous

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda