Scroll to Top

Robot Security Ini Bakal Gantikan Satpam

By Ibnu Azis / Published on Monday, 09 Dec 2013

Robot Satpam

Apa jadinya jika robot security bakal alih fungsikan profesi satpam? Hal itu bisa saja terjadi. Sebuah perusahaan rintisan di Silicon Valley, Knightscope Inc sedang kembangkan ‘robot satpam‘ tersebut yang kemungkinan besar akan rumahkan petugas keamanan.

Robot ini dikembangkan dengan teknologi mesin otonam data yang diklaim miliki kemampuan yang lebih baik serta komprehensif dibanding satpam. Kemampuan yang dimaksud merujuk pada sensor inovatif dengan teknologi kamera definisi tinggi atau HD yang bisa berputar 360 derajat untuk mengambil gambar.

Robot yang mirip dengan robot R2-D2 di film Star Trek ini juga dilengkapi dengan mikrofon yang miliki sensitifitas tinggi. Tak lupa dibenamkan sensor jarak serta sensor kualitas udara. Tak cukup itu saja, robot ini juga dilengkapi dengan teknologi optical character recognation untuk memindai objek.

Robot

Objek yang bisa terekam misalkan saja pelat nomor kendaraan. Setelah dipindai robot ini kemudian dikirim datanya ke kantor kepolisian terdekat. Tak cukup itu saja, Knightscope Inc berujar jika robotnya akan mengirim data historis dari waktu ke waktu yang kemudian bisa dianalisa untuk memprediksi kejahatan di masa mendatang.

Apa yang dilakukan Knightscope Inc ternyata untuk menanggapi pernyataan Barack Obama atas kasus penembakan di SD Sandy Hook pada tahun 2012 lalu. William Santana Li, CEO Knightscope Inc mengatakan robot ini murni untuk mencegah dan memerangi kriminalitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda