Scroll to Top

Rutin Makan Pil KB Mungkin Mengalami Glaukoma

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Dec 2013

pil kb

Pil KB yang memiliki kandungan hormon estrogen diduga memiliki efek merugikan setelah pemakaian dalam waktu lama. Studi baru menemukan, pil ini membuat wanita mengalami risiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan penyakit glaukoma. Setelah wanita menggunakan kontrasepsi pil, risiko mereka terkena glaukoma meningkat dua kali lipatnya.

Glaukoma adalah penyakit yang menyerang saraf optik mata. Penderitanya akan merasakan kebutaan secara bertahap. Dalam stadium lanjut, saraf optik ini bisa rusak total dan menyebabkan kebutaan secara permanen. Hubungannya dengan pil kontrasepsi, hormon estrogen yang terkandung di dalamnya diduga kuat menyumbang terjadinya penyakit ini.

Studi yang dilakukan Universitas California ini melibatkan wanita di atas 40 tahun sebanyak 3.406 orang. Mereka rata-rata telah memakai pil kontrasepsi selama minimal 3 tahun semenjak 2005 sampai 2008. Kepada para relawan, peneliti mengamati pengaruh kontrasepsi terhadap kesehatan reproduksi dan memeriksa kesehatan mata mereka.

Hasilnya, relawan yang rutin mengonsumsi pil kontrasepsi memiliki risiko terkena glaukoma 2,05 kali lebih mungkin dibanding wanita yang tidak memakai pil. Dengan demikian, diperlukan kehati-hatian ketika wanita memilih program kontrasepsi untuk mengatur kehamilan. Studi ini memerlukan kajian lanjutan untuk melihat alasan langsung sebab-akibat dari pengaruh pil kontrasepsi terhadap glaukoma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda