Scroll to Top

Warna Urin Bisa Menggambarkan Kondisi Kesehatan Tubuh

By C Novita / Published on Monday, 09 Dec 2013

warna urin

Sebuah klinik di Ohio, Amerika Serikat, telah membuat bentuk diagram yang menggambarkan kondisi kesehatan tubuh seseorang berdasarkan warna urin yang ia keluarkan. Hasil penelitian pihak medis di klinik bernama The Cleveland itu tentu saja akan memudahkan seseorang untuk mengecek kesehatannya secara langsung, serta indikasi dini penyakit yang ia derita.

Seperti kita ketahui bahwa urin adalah hasil sekresi dari berbagai zat bentuk cair yang dikonsumsi oleh manusia, setelah melalui berbagai organ tubuh bagian dalam. Warna urin bisa juga merupakan cerminan kondisi dari berbagai organ tubuh tersebut, sehingga kerap dijadikan indikator dari sebuah penyakit tertentu.

Seperti dilansir oleh situs Dailymail, berikut ini adalah warna-warna urin yang biasanya dimiliki oleh seseorang, dan gambaran kondisi kesehatan tubuhnya:

  • Tidak berwarna, transparan: Anda minum terlalu banyak. Kurangi jumlahnya.
  • Pucat kekuningan: kondisi tubuh normal dan sehat.
  • Kecoklatan muda: bisa jadi pertanda Anda kurang minum, atau menderita gejala liver.
  • Kemerahan: warna ini bisa menandakan zat dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Misalnya bit, blackberry, dan lainnya. Atau penyakit ginjal, prostat, kandung kemih.
  • Kebiruan/kehijauan: ini biasanya terjadi pada orang yang minum jenis obat tertentu, atau menderita sakit porfiria. Memang sangat langka terjadi urin seseorang berwarna seperti ini.
  • Oranye: indikasi adanya vitamin C dalam makanan atau minuman Anda sebelumnya.
  • Putih: warna putih dalam urin artinya telah terjadi infeksi, penyakit menular seks, atau kristal fosfat.
  • Gelap: menggambarkan kondisi kesehatan seseorang yang menderita sakit kuning, hepatitis.

Nah, apa warna urin Anda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda