Scroll to Top

Perlukah Google+ Membuat Hashtagnya Sendiri?

By Erni Dwi / Published on Friday, 07 Oct 2011

twitter google plus hashtagSalah satu hal yang belum disediakan Google+ dalam fiturnya adalah fitur yang memiliki kesamaan fungsi dengan hashtag  pada twitter.

Salah satu kekuatan twitter adalah terletak pada pencarian cepatnya berupa hashtag. Seperti kita ketahui kekuatan hashtag di Twitter memiliki pengaruh yang cukup besar. Hashtag memberikan sebuah fasilitas bagi kita untuk memudahkan kita mencari sesuatu dengan cukup cepat yang bisa jadi sedang menjadi trending topic pada waktu tertentu.

Lalu apakah Google+ tak perlu membuat hashtag tersendiri untuk pencarian cepatnya ?

Beberapa ide sempat muncul pada percakapan dari posting +Satyajeet Salgar, Google+ Games Product Manager, bahwa Google+ perlu memberikan fasilitas khusus untuk hashtag dalam pencarian cepatnya pada suatu topik tertentu.

Berkaitan dengan fungsi pencarian cepat pada hashtag , meski Google+ telah meluncurkan Google+ search nya pada beberapa waktu lalu namun kemampuannya belum menyamai penghimpunan data pada hashtag di twitter. Satu-satunya fitur adalah tanda  “+” yang memiliki fungsi pencarian cepat masih memberikan layanan hanya sebatas pada pencarian atas nama seseorang atau lebih tepatnya fitur ini lebih mirip tanda   “@” mention ketimbang tanda “#” hashtag  pada twitter. Lalu bagaimana bila kita ingin mencari secara cepat topik-topik tertentu, semisal topik kejadian yang sedang hangat pada saat ini?

Seorang “veteran” Google+ , Community Manager for Google+ project +Natalie Villalobos memberikan panduan hashtag populer pada Google+  pada akun profilnya dengan menggunakan simbol “#” yang sama seperti di twitter. Beberapa hashtag- nya antara lain :

  • #potd
  • #CircleSunday
  • #MusicMonday
  • #FeedbackFriday
  • #GooglePlusUpdate
  • #TheMoreTheMerrier

Villalobos berusaha untuk menyatukan “tema” atau bisa jadi memberikan kemudahan pencarian, namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena lagi-lagi Google+ masih belum mendukung tanda “#” sebagai tanda ajaib untuk menyulap kata-kata tertentu sebagai link untuk pencarian cepatnya.

Seperti yang telah  disebutkan  di atas bahwa tanda “+” pada Google+ memberikan fungsi dalam pencarian  nama akun pengguna Google+ secara cepat. Tanda  “+” juga bisa jadi merupakan simbol yang kuat bagi Google+ (Google+ , +1) dan mungkin bisa jadi akan digunakan untuk mengadopsi fungsi “#” pada twitter namun agaknya Google+ memerlukan simbol lain selain “+” , untuk membedakan penandaan akun dengan penandaan topik tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda