Scroll to Top

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, & Franck Ribery Kandidat Final Ballon d’Or 2013

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Dec 2013

Ballon d'Or 2013

Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal), Lionel Messi (Barcelona/Argentina), dan Franck Ribery (Bayern Munchen/ Prancis) menjadi tiga nominator utama untuk meraih Ballon d’Or 2013. Siapa di antara ketiganya yang layak disebut sebagai pemain terbaik dunia tahun ini?

FIFA dan France Football pada Senin (9/12) telah menyaring tiga pemain paling bersinar sepanjang tahun 2013 tersebut dari 23 nama yang tersedia. Dan, memang tidak ada yang aneh. CR7, Messi, dan Ribery memang sudah sejak awal dijagokan untuk menyingkirkan nama-nama seperti Zlatan Ibrahimovic dan Neymar.

Di antara ketiganya, Franck Ribery lebih banyak memenangi gelar. Ia berperan sangat vital dalam keberhasilan Bayern Munchen meraih treble winners musim lalu. Merebut gelar Bundesliga dengan mudah, mengawinkannya dengan DFB Pokal, dan menggenggam pula trofi Liga Champions. Meskipun tidak mencetak banyak gol karena posisinya sebagai gelandang, seperti kata Ribery sendiri, dia adalah sosok yang membuat para bek lawan merasa bagai dipanggang di neraka.

Lionel Messi memang dalam beberapa bulan terakhir tak ‘mengilap’ karena cedera yang menimpanya. Namun, sejak awal hingga pertengahan tahun 2013, ia demikian perkasa. Keberhasilan Barcelona meraih gelar juara Liga Spanyol, tak lain tak bukan berkat gol-golnya. Tak salah jika banyak yang berkata, musim lalu, Leo Messi sendirian merebut trofi La Liga. Ia juga meraih Sepatu Emas Eropa kedua beruntun tahun ini.

Cristiano Ronaldo memang tidak memenangi gelar satu pun pada tahun 2013. Namun, ia demikian produktif sepanjang tahun. CR7 menyabet gelar top skor Liga Champion musim lalu dengan 12 gol. Kehadirannya di lapangan saja, sudah cukup membuat para lawan merinding ketakutan. 67 gol sudah dibuatnya sejak Januari. Jangan lupakan pula penampilannya saat Portugal menyingkirkan Swedia di kualifikasi Piala Dunia 2014.

Nah, siapa di antara Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Franck Ribery yang akan meraih gelar Ballon d’Or 2013? Jawabannya akan hadir di Zurich pada pertengahan Januari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda