Scroll to Top

PSSI Yakin Pemain Indonesia Mampu Bersaing di Eropa

By Raditya / Published on Monday, 09 Dec 2013

PSSI merasa yakin bahwa pemain sepakbola Indonesia mampu menembus kompetisi Eropa bahkan bersaing dengan para pemain dari seluruh penjuru dunia yang berkiprah di benua biru. Menurut Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, Indonesia menjadi pasar yang menggiurkan bagi kompetisi Eropa sehingga tidak menutup kemungkinan ada pemain lokal yang akan direkrut ke sana.

“Tentu saja, hal ini tak lepas dari pengamatan manajemen klub-klub luar negeri. Buktinya, mereka saat ini sedang giat membuka dan merawat pasar mereka yang ada di Indonesia. Dengan kedatangan tim-tim tersebut ke Indonesia misalnya,” kata Djohar Arifin Husin belum lama ini.

“Hal ini bisa saja berlanjut misalnya mereka merekrut pemain kita. Selain karena masalah bisnis tadi, hal tersebut tentunya tak lepas mulai dari meningkatnya permainan pesepakbola kita,” lanjut Djohar Arifin Husin.

“Jika mereka menggunakan kurikulum yang benar, kita bisa berharap output mereka akan bagus. Jika itu yang terjadi, pasti tak perlu waktu lama pemain kita akan menembus kompetisi-kompetisi papan atas di Eropa,” pungkasnya.

Di era terdahulu, ada sejumlah pemain Indonesia yang pernah berkompetisi di Eropa, sebut saja Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti, Kurnia Sandy, hingga Bambang Pamungkas.

Sedangkan di waktu-waktu terakhir ini, ada pula talenta Indonesia yang berkiprah di klub Eropa, seperti Arthur Irawan (Espanyol B Spanyol), Manahati Lestusen (Cs Vise Belgia), Gavin Kwan Adsit (CFR Cluj Rumania), dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda