Scroll to Top

Valencia vs Indonesia XI 4-2: Raphael Maitimo Cetak Gol!

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Dec 2013

Valencia vs Indonesia XI

Skor 4-2 menjadi hasil pertandingan Valencia vs Indonesia XI yang digelar pada Senin, 9 Desember 2013. Adalah Raphael Maitimo dan Adison Alves yang mencetak gol Mitra Kukar di laga ini. Ini merupakan laga ketiga Indonesia XI dalam tur Spanyol setelah sebelumnya takluk oleh Atletico Madrid (0-5) dan menang 2-0 dari AEFI/Spanish Veteran.

Skuat Valencia yang dituruhkan dalam pertandingan ini, adalah gabungan antara empat pemain senior dengan tujuh pasukan Valencia Mestalla (Valencia B). Mitra Kukar beruntung dapat bertemu dengan Victor Ruiz, Ever Banega, dan Paco Alcacer yang selama ini menjadi andalan pelatih Miroslav Djukic di Liga Spanyol.

Perbedaan kualitas sudah terlihat sejak awal pertandingan. Valencia membuat Mitra Kukar tak berdaya dengan tekanan tinggi setiap kali pemain Naga Mekes membawa bola; bahkan meski masih di pertahanan lawan. Wajar kalau kemudian, di menit 6 Los Che sudah unggul melalui tendangan cemerlang Michel Herrero dari sisi kanan kotak penalti.

Mitra Kukar sempat mengancam via tendangan datar Raphael Maitimo yang tepat ke arah Yeray Gomez. Namun, selebihnya Dian Agus Prasetyo harus melakukan tiga penyelamatan sepanjang 20 menit awal. Berikutnya, Los Che terus lebih dominan. Namun, gol tambahan baru datang di menit 42. Michel Herrero mengirimkan umpan cantik pada Paco Alcacer. Pria yang juga ikut dalam tur Valencia ke Indonesia beberapa waktu lalu, sukses menyarangkan gol dengan tendangan silang.

Jajang Mulyana yang main di babak kedua, mengalami cedera karena salah jatuh. Secara umum, kondisi Mitra Kukar tak jauh berbeda. Mereka cukup agresif; penetrasi terutama dari sisi sayap kiri, cukup maksimal. Namun, tak ada kesempatan bagi lini depan Naga Mekes untuk menembak ke gawang Valencia. Peluang datang di menit 57. Raphael Maitimo memaksa Yeray Gomez melakukan penyelamatan penting.

Raphael Maitimo

Raphael Maitimo menunjukkan kelasnya dengan kembali merepotkan kiper lawan di menit 65. Namun, umpan terobosan yang tak bisa ditebas oleh lini belakang Mitra Kukar, diselesaikan denagn tuntas oleh Juan Delgado di menit 75.

Tak mau menyerah, Mitra Kukar akhirnya bisa mengejar ketertinggalan. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Valencia, Raphael Maitimo menuntaskan perjuangannya selang tiga menit pasca gol ketiga Valencia. Masih ada satu gol lagi yang dibuat oleh seorang Adison Alves yang melob bola di menit 86 untuk menaklukkan Yeray Gomez.

Toni menutup kemungkinan Naga Mekes mengejar skor. Ia melepaskan tembakan voli di depan kerumunan bek; membuat Dian Agus Prasetyo cuma terdiam kala bola masuk gawang. Skor akhir 4-2, tapi Mitra Kukar tampil sangat ciamik di babak kedua.

 

Valencia: Yeray Gomez, Victor Ruiz, Lazaro, Perez, Lato, Lion Kaak, Banega, Cedric Mandjeck, Michel Herrero, Fede,  Paco Alcacer

Indonesia XI: Dian Agus, Fadli Sausu, Iobo, Chul Hyung, Zulkifli, Hendra Ridwan, Bima Sakti, Maitimo, Zulham, Marcelo, Anindito

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda