Scroll to Top

Jalan Kaki Secara Rutin Membantu Kebugaran Jasmani

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Dec 2013

jalan kaki

Jalan kaki tidak bisa diremehkan sebagai salah satu cara mendapatkan kebugaran jasmani. Pakar olahraga sekaligus Guru Besar Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olah Raga pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, mengatakan bahwa jalan kaki memberikan efek kesehatan yang cukup beragam mulai dari mengontrol tekanan darah, kolesterol, sampai menjaga berat badan.

Diungkapkan Sumaryanto, jalan kaki sebaiknya dilakukan secara rutin. Berjalan kaki dengan kecepatan reguler mencapai jarak lima kilometer sudah cukup untuk membuat badan sehat. Dan, jarak tersebut bisa dilakukan hanya dalam 30 menit dari total manusia beraktivitas 24 jam.

“Jalan kaki sejauh 5 km setiap lima kali atau lebih dalam seminggu sangat bagus efeknya bagi kebugaran dan kesehatan badan,” kata Sumaryanto seperti dikutip Pikiran Rakyat.

Menurut Sumaryanto, jalan kaki merupakan olahraga yang ideal bagi setiap orang dari berbagai lapisan umur. Perlu dipahami, struktur tubuh manusia sebenarnya lebih cocok desainnya untuk keperluan jalan kaki dalam kondisi normal. Sehingga, olahraga ini sudah menjadi bagian dari aktivitas harian seseorang.

Di samping itu, jalan kaki juga memiliki efek positif seperti halnya olahraga lain yang berhubungan dengan kesehatan mental. Olahraga ini turut memicu daya kreativitas dan sikap kompetitif. Oleh sebab itu, proses kognitif otak akan terjaga.

“Aktivitas olah raga itu dasar atau alat pendidikan dalam membentuk manusia seutuhnya, baik dalam pengembangan kognitif, afektif dan psikomotor untuk bentuk kemampuan manusia yang berwatak dan bermoral,” tutur Sumaryanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda