Scroll to Top

Tips Nyaman Menghadapi Nyeri Menstruasi

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Dec 2013

nyeri-haid

Hal yang pasti terjadi saat menstruasi adalah rasa nyeri di area perut. Hal tersebut menjadi konsekuensi berkontraksinya rahim karena tidak ada pembuahan yang terjadi antara sel telur dengan sperma. Ada wanita yang cukup tegar menghadapi siklus bulanan tersebut. Namun tidak jarang sebagian wanita justru merasa kedatangan menstruasi sebagai masa-masa yang menjengkelkan.

Sebenarnya menghadapi nyeri haid bisa disikapi dengan bijak. Dikutip dari Merdeka,  beberapa hal berikut ini dapat diterapkan untuk mengurangi kesan menakutkan terhadap rasa nyeri yang ada:

  1. Pastikan pikiran Anda sudahsiap untuk menghadapi siklus menstruasi. Artinya, secara mental Anda menyadari inilah bagian dari hidup yang mesti dijalani. Atur pikiran dengan cara yang positif. Misalnya, selama masih merasakan menstruasi, Anda masih berpeluang untuk hamil dan memiliki jejak keturunan. Untuk mengantisipasi rasa nyeri yang terjadi, bisa dipersiapkan obat pereda nyeri sesuai saran dokter.
  2. Hindari pakaian yang ketat. Justru Anda mesti menggunakan pakaian longgar agar rasa nyeri tidak makin menjadi-jadi. Anda juga akan bebas bergerak ke mana saja. Kenyamanan sangat diperlukan untuk memberikan sugesti bahwa nyeri tersebut bisa diatasi.
  3. Makanlah menu yang sehat. Selama menstruasi terjadi perubahan hormon. Oleh sebab itu, konsumsi lebih banyak makanan sehat seperti sayur dan buah, serta perbanyak minum air. Ini berguna untuk melancarkan darah sepanjang masa menstruasi.
  4. Menghadapi nyeri haid perlu tenaga ekstra sehingga dibutuhkan istirahat cukup. Jaga stamina dengan menyukupi kebutuhan tidur.
  5. Meski mood labil, tetap kendalikan suasana hati. Kalau yang ada di pikiran Anda hanya perasaan marah dan mengeluh, nyeri haid kemungkinan besar akan dialami dengan jalan yang tidak nyaman. Namun kalau Anda menumbuhkan mood baik, Anda lebih mampu untuk bertahan menghadapi nyeri yang terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda